HELLHOUND Interview (Malang, Indonesia)

 

* diambil dari materi LOSTINCHAOS Mediazine edisi cetak issue # 26 (dibuat tahun 2016)

Answer Andika & Nova

Hell-O apa Khabarnya HELLHOUND camp Hari ini ? Siapa yang menjawab Interview ini ?
Hallo Lost In Chaos! Alhamdulillah Hellhound dalam kondisi on fire penyelesaian materi full length album kami.. disini ada Andika (gitar) dan Nofa (vocal)

Rasanya akan lebih Bersahabat Memulai Interview Dengan Pertanyaan lama en Extra Membosankan kalo selalu saja memang dimulai dengan ini hehehe, Ceritain Historis Serta Konspirasi Terbentuknya Band ini, Biar lebih Akrab aja dengan Death Metal Fans Pokoknya hahaha ...
Andika : Hahaha.. siap! awal mulanya Hellhound sendiri dimulai dari perjumpaan saya dengan nofa dan budi yang masih tergabung dalam band Prematural Carnage (PC). waktu itu PC sedang proses take single pertama mereka di toko saya (saya menjalankan sebuah toko musik kecil dan home recording) tahun 2011. waktu itu saya yang masih awam dengan materi riffing brutal DM, sangat terkesan sekali sama materi riffing PC dan memang ada hasrat buat mempelajari riffing2 yang rapat seperti itu pada Budi. tidak lama setelah proses recording selesai, salah seorang gitaris PC (Bujhell) mengalami musibah kecelakaan, dislokasi tulang lengan, sehingga menyebabkan PC harus vakum. momen vakum PC ini menggerakkan saya yang memang pengen meneliti musik DM untuk menghubungi Budi dan Nofa. waktu itu awal 2012 saya menghubungi Budi dan Nofa untuk membuat sebuah proyek musik. sedari awal kami memang ingin mencoba membuat sebuah musik dengan warna baru, yang mungkin memang relatif fresh  di kota Malang.
Nofa : konsep awalnya adalah menggabungkan Riffing2 yang Budi kuasai (dissavowed, dying fetus, daath dan beberapa riffing thrash seperti metallica, slayer,megadeth) dengan riffing dan pengembangan yang Andika ciptakan sendiri, yang memanglebih mengacu pada riffing neo classical dan progresif (necrophagyst,obscura,symphony X, Angra). setelah beberapa kali mencoba membuat aransemen bareng, tercipta materi pertama kami "Liturgi Hitam" dalam waktu 2 minggu. menyusul lagu kedua "kehancuran telah dimulai" berikut lagu ketiga "Selamat datang jiwa tersesat" yang kesemuanya diselesaikan hanya dalam kurun waktu 2 bulan. melihat perkembangan kecocokan kami dalam berkarya kami jadi tidak sabar untuk mewujudkan band ini dalam format band utuh. akhirnya kami putuskan untuk mencari drummer dan bassis untuk proyek ini. sambil menyelesaikan materi-materi lagu ke 4 dan ke 5 kami pun mulai hunting player. episode ini merupakan salah satu episode yang paling melelahkan diawal pembentukan Hellhound karena sangat sulit waktu itu mencari drummer dan bassis yang sesuai kriteria kita.  waktu itu teman kami Dedy yang merupakan Gitaris dari band Lord Of Underworld mengajukan diri untuk membantu di sesi bass, dan tentu saja riffing2 yang dikuasai Dedy (Spawn of Possesion, Allegaeon dll) sangat membantu musikalitas Hellhound menjadi lebih variatif lagi.A: untuk drummer akhirnya kami sepakati bersama membuka audisi. dari beberapa drummer yang kami undang akhirnya hanya satu orang yang memberanikan diri ikut audisi yakni Septian, Drummer ex band saya death prison. dan hasilnya memuaskan sekali. finally we are band now! setelah band terbentuk, kami mulai meyelesaikan proses recording materi EP kami yang pertama. dari materi pertama inilah yang kita gunakan di reverbnation sebagai sarana promosi band kami. Alhamdulillah respon teman2 waktu itu sangat baik sekali untuk musik kami yang memang tergolong baru di malang dan relatif unik.
Nofa : seiring berjalannya waktu, di akhir 2012, Septian mengundurkan diri dari Hellhound dengan alasan akademis. saat itu dia memang masi kelas 3 SMU. dengan mundurnya Tian kita cukup terpukul juga karena sulit untuk mencari penggantinya. mau tidak mau kamipun memulai proses hunting player lagi yng cukup memakan waktu dan konsentrasi. dari beberapa rujukan teman-teman kami, mayoritas mendukung kami untuk menghubungi Irul dari God Servant. akhirnya kami memberanikan diri menghubungi Irul di bulan maret 2013. dan gayung bersambut, Irul ternyata appreciate sekali dengan musik dari Hellhound. dia meminta diaudisi dan memilih sendiri lagu materi audisinya. saat itu dia memilih "fatamorgana Agama" sebagai materi audisi. kita lumayan kaget juga dengan pilihannya, soalnya lagu ini lagu yang paling tinggi level kesulitan dan beatnya, yakni 280BPM dengan banyak blasting konstan. dari audisi pertama kami dengan Irul, dalam hati kami sudah yakin, "yes, this guy is our next drummer!". dan sekali lagi finally kami punya drummer sampai saat ini.


 Apa yang Memutuskan Band untuk Menggunakan nama HELLHOUND, apakah memang kalian menginginkan sebuah nama yang lebih terdengar " Gahar " serta punya Imej sebagai Band Death Metal pada intinya? dan Apakah Kalian telah sepakat hal telah mewakili Karakter Musikal band sendiri ?
Andika : hahaha.. saya juga kurang paham. mungkin ide penamaan Hellhound ini tercetus begitu saja. kita ingin sebuah nama yang simpel, mudah diingat dan mewakili musikalitas kita. kalo dalam bayangan saya sih Hellhound itu anjing mitologi berkepala tiga seperti cerberus, nah saat itu kita juga masi 3 kepala saja, saya, budi, dan nofa. mungkin karena sekarang sudah jadi lima orang namanya harus ganti jadi Hellhound with two extended heads hahaha..
Nofa : iyes karena yang tersirat ketika mendengarkan kata Hellhound adalah sosok Cerberus. Meskipun awalnya saya dapat nama Hellhound dari sebuah game fantasy. karena selain ngeband, kami juga gamers hahaha

Rasanya memang segera tidak bersabar menantikan CD Pertama HELLHOUND " For Whom You Pray " via Brutal Infection Records nanti setelah Terkesima dengan Kedasyatan HELLHOUND Lewat " Promo CD 2012 " dan " Promo CD 2014 " yang sebelumnya masih menyimpan decak kagum dengan Konsep Musikal Band yang Extra Membabi buta dan Gelap banget Komposisi Musik yang serba cepat ! Apakah " For Whom You Pray " akan membayar penuh ambisi Kalian selama ini, sebuah Mimpi Panjang sejak all Member band Terjebak dalam Hitamnya dunia Musik Cadas ini, yang paling utamanya pasti adalah membuat sebuah Album ! Kasih Bocoran mungkin tentang materi " For Whom You Pray " ini serta suka duka saat penggarapannya !
Andika : yess! ini adalah impian kami berlima, sebuah album yang benar-benar mengekspos habis-habisan skill dan musikalitas kami, digarap dengan apa yang kami cita-citakan selama ini. dari yang tidak bisa menjadi bisa, dari yang tidak mungkin menjadi mungkin. kami sendiri belajar banyak sekali hal dari proses pembuatan album ini.
Nofa : suka dukanya memang banyak banget mas. dari mulai antusias mengerjakan, ditinggal drummer, akhirnya down lagi. dapet drummer baru semangat lagi, disbukkan dengan kerjaan masing-masing akhirnya down lagi. sampai pada akhirnya tekad menyelesaikan album ini bangkit lagi karena support dari Alfan Afero (owner brutal infection records). sekarang kita benar-benar on fire.. karena dimarahin terus sama Alfan hahaha

Bagaimana ceritanya HELLHOUND bisa bertemu dengan Brutal Infection Records serta Deal untuk Perilisan " For Whom You Pray " ini ? apakah Selain Deal Sebuah Kesepakatan saja, atau ada Faktor lain yang membuat kalian memilih Brutal Infection Records sebagai Roster Kalian ?
Nofa : awal pertemuan kita dengan Alfan justru dari support sahabat kita Geggar Otak (GO). saat mereka Sign kontrak dengan Alfan, Yongki vokalis GO sempat membawa CD demo Hellhound dan memberikannya pada Alfan untuk mendengarkan materi kami. beberapa minggu kemudian Alfan menghubungi kami untuk ngobrol-ngobrol, sampai pada akhirnya Brutal Infection Records secara resmi mengontrak kami.
Andika : Yang membuat kami memilih Brutal infection records sebagai pelabuhan kami, selain karena kecocokan secara visi misi, ownernya yang humble dan asik, ya tentu saja karena takdir hehehe..

Menikmati " Promo CD 2014 " Menurut Gw adalah Materi Death Metal dengan Terjangan Dominan Blastbeat Powerfully. The sophomore is a tense, explosive manifestation which follows rather closely in the footsteps of its predecessor, straight ahead brutal death with run of the mill Dark Atmosphere and blast beats.Sehingga gw pengen tau Banyak tentang Proses Penggarapannya. Apakah ini adalah sebuah Materi Maksimal yang harus menguras Konsentrasi kalian untuk Bermain secepat cepatnya?
Andika : yes! sangat-sangat menguras konsentrasi dan tenaga kami.. dalam pembuatan riffing lagu-lagu Hellhound,  saya, budi dan dedy memang hobi pancing-pancingan. maksudnya kami seringkali berlomba-lomba membuat riffing yang unik yang membuat personel lain mau ga mau terpancing untuk belajar lagi. masalah speed dan kerumitan riffnya sendiri merupakan bagian dari keunikan riffing.
kalo secara musikalitas kami, ya mungkin ini adalah yang paling maximal yang bisa kami berikan saat ini dan kami masih akan terus belajar untuk memperbaiki kualitas musikalitas kami.

En bagaimana jika HELLHOUND dapat membandingkan sedikit Penggapan materi " Promo CD 2012 " dan " Promo CD 2014 " dengan materi " For Whom You Pray ", Apakah Kalian telah pada titik kepuasan Klimak sebagai Pematangan Konsep Band?
Andika : pada proses pembuatan promo CD2012 kami melakukannya secara DIY. hanya dengan komputer dan perangkat rekaman sederhana dan tentu saja wawasan tentang recording pro yang juga masih seadanya. drumnya masih kita lakukan dengan menulis MIDI dan dengan aplikasi VST EZ drummer. alasan utama kita memilih memakai virtual instrument adalah efisiensi waktu dan biaya. soalnya so far, kita belum menemukan studio recording drum di malang yang kualitas soundnya bisa sesuai dengan yang kita harapkan..
Nofa : merujuk pada beberapa band di luar negri dengan standar rekaman pro pun ternyata masi menggunakan virtual instrumen, maka kami juga merasa tidak masalah menggunakannya pada materi kami, selama hasil rekaman tersebut bisa dipertanggungjawabkan secara penuh saat live.
Andika : yes.. that's the point. next pada materi promo cd 2014 kami melakukan pembenahan disektor mixing dan mastering dengan beberapa peralatan yang lebih baik dari sebelumnya. sedangkan untuk for whom you pray, kali ini semua digarap berbeda. kami ingin hasil terbaik untuk album debut kami. kami meng-hire operator dan music director professional untuk mendampingi saya, yakni Iboer Fingerprint. track gitar yang sebelumnya hanya menggunakan VST amplitube 2.0 kali ini akan kami reamping todong melalui mesa boogie triple rectifier untuk track saya, dan Marshall jcm800 Kerry King untuk track Budi. semuanya ditodong melalui mic shure sm57. proses reamping ini dimaksudkan untuk mendapatkan respon frekwensi gitar yang lebih wide dan wise.untuk gitarnya sendiri kami menggunakan ESP M-II dengan EMG 81 85 di semua track baik saya dan budi. di sesi drum kita tetap menggunakan VST namun kali ini kita lakukan secara live dengan drum elektrik yamaha dtx400 dan dihubungkan pada Drum Addictive. jadi pada album ini kita akan mendengar aransemen drum dan fill in asli Irul.
Nofa : yup, kita juga akan menggandeng beberapa musisi lokal untuk membantu proses rekaman for whom you pray ini. dan beberapa aransemen orchestral yang lebih memberi nuansa dark juga kita perbanyak untuk menambah aksen neoclassicalnya. orchestral section ini diaransemen oleh Andika. dan kesemua proses rekaman ini kami lakukan distudio kecil kami, Heaven's Drive yang juga menjadi basecamp kami.

Untuk mengkomposisi Death Metal Sound yang Heavy As Fuck, Apakah Elo harus Merubah Stem Riff Standar dengan Tune yang lebih Low ? atau Hanya memainkan Riff Key dengan Low Tune saja? atau ada Konsep tersendiri ? en menurut elo, apakah Sound di album ini sudah menjadi keinginan Kuat sejak lama yang telah tercapai ?
Andika : saya pikir mengenai tuning sangat objektif. itu bener-bener sesuai kebutuhan band masing-masing. untuk di hellhound sendiri kita hanya menggunakan tuning drop D standar. sedangkan untuk kebutuhan live kadang saya bereksperimen dengan gitar 8 senar untuk mendapatkan 2 senar drop 1 oktaf D-A di senar 8 dan 7. kami bereksperimen untuk mendapatkan frekwensi jembatan antara bass dan gitar. namun eksperimen ini masi butuh jam terbang lagi untuk mendapat hasil sound yang lebih optimal.
Nofa : untuk sound pada album, tentu saja ini sudah mewakili sebagian dari impian kami. tapi tidak dipungkiri, permasalahan sound ga akan pernah ada kata absolute satisfaction. karena mood dan selera akan sound selalu akan berkembang mengikuti perkembangan tren dan teknologi. tapi untuk saat ini tentu saja ini yang terbaik yang bisa kami hasilkan. mudah-mudahan kualitas sound kami saat ini bisa memuaskan teman-teman yang membeli album kami nantinya.

Standard Equipment Minimal yang HELLHOUND perlukan untuk Proses rekaman dan Mungkin panggung saat ini ? dan apakah Sound di album " For Whom You Pray " ini Bakalan menjadi " Paten " untuk materi2 selanjutnya ?
Andika : untuk recording seperti yang sebagian saya ceritakan sebelumnya, track gitar saya dan budi di reamping melalui ampli mesa boogie triple rectifier 2 channel dan marshall jcm800KK kerry king signature, nantinya mungkin akan ada tambahan booster dari boss OD-3 untuk menjaga tone dan gain lebih tight dan fokus. ada juga noise gate dari rocktron hush super c untuk menghilangkan noise saat proses reamping. gitar yang kami gunakan ada ESP M-II dengan pickup favorit kami EMG 81-85, sedangkan sedikit sesi clean diambil dari piezo system musicman John petrucci. sedangkan untuk skema live saat ini saya masi menggunakan gitar yang sama untuk recording ditambah dengan Agile interceptor pro 8 string, head mesa triple rectifier untuk gig besar, shure PGX-1 wireless system, untuk budi dia menggunakan gitar schecter Jeff loomis 7string, head peavey 5150 II untuk gig besar. sedangkan untuk gig kecil kami berdua sama-sama mengandalkan Randall RG-13 stomp head/preamp pedal. di sesi bass, Dedy menggunakan bass Yamaha RBX 4st, untuk pengolahan soundnya masi menggunakan VST yang racikannya kami serahkan penuh pada operator recording, mas Iboer. untuk live dedy mengandalkan bass yang sama ditambah dengan preamp pedal dari hartke bass attack. untuk drum skema recordingnya menggunakan yamaha DTX400 dengan kick pad custom yang dibuatkan oleh teman kami dan double pedal pearl eliminator. untuk live Irul saat ini menggunakan Mapex Horizon double bass drum, snare pearl Dennis Chamber, remo drum head, dan alesis DM-5. nofa skema recording nya cukup simple, hanya menggunakan mic condenser dari samson. untuk live juga ga banyak yang dibawa, mungkin hanya laptop buat memainkan sampling orkestra. untuk mic sih, so far shure SM-58 mic yang standar ideal buat nofa dipanggung apakah skema ini akan paten buat hellhound? skali lagi kebutuhan akan sound selalu berubah dan tentu saja kami sangat terbuka sekali akan kesempatan endorsement gear sehingga memungkinkan kedepannya ada perubahan skema gear pada materi berikutnya.

Gw memang sudah Sejak Materi Single " Promo CD 2014 " sangatlah tertarik ! materi yang HELLHOUND tawarkan disitu adalah sesuatu yang asli Menonjok ! Sehingga Gw merasa Yakin en Respect Untuk dan bagaimana sebenarnya Kalian meng-komposisi dan Aransemen materi lagunya. apakah masih dengan Konsep seperti pada Umumnya saja atau ada Trik2 " Khusus " yang pengen kalian bagikan kepada Temen2 band laen ? Lalu Siapa saja yang Paling dominan Mengkomposisi hampir keseluruhan Lagu dalam CD pertama " For Whom You Pray " ini ?
Nofa : yang kami lakukan selama ini lebih banyak sharing ide dan riffing.. kami rekam dan kemudian dimodifikasi dan dikembangkan. bahkan terkadang dari ide yang ada kami gabungkan. disinilah akhirnya Hellhoun bisa punya ciri unik karena masing-masing dari player kami benar-benar mempunyai memiliki ciri riffing yang berbeda dengan influence yang berbeda pula. sedangkan untuk lirik, baru dibuat setelah lagu selesai. tips dari kami, sering-seringlah mendengarkan berbagai macam musik dan jamming. itu terkadang menghasilkan ide yang fresh. untuk komposisi kami rata berbagi ide, tapi semuanya di music director-i oleh Andika, khusus untuk For whom you Pray ada tambahan music director Iboer Fingerprint.

Sekali lagi Hail Salutes sekali untuk Penulisan materi " Promo CD 2014 " menjadi salah satu bagian dari CD " For Whom You Pray "  nanti ini seperti telah menguras Konsentrasi, Fikiran dan Power member band. dalam Referensi Musikal, Band2 mana yang telah menjadi " Racun " Fanatis bermusik HELLHOUND Menjadi lebih Terdengar Awesome ?? dan siapakah Band2 Utama layak menjadi Harga Mati yang Influentalis bagi musikalitas Kalian ? DEICIDE, HATE ETERNAL, FALLUJAH atau Ada Pengaruh Kuat lainnya?
Nofa : influence kuat kami berakar dari perpaduan Disavowed, Necrophagist, Obscura dan yang terakhir memberi ide segar pada musikalitas kami Fleshgod Apocalypse

Lirik Lagu HELLHOUND banyak menuliskan sisi pandang yang signifikan tentang sebuah Tema hampir disetiap lirik lagunya. sepertinya Hal ini bagi Pendengar membutuhkan penalaran yang ga sebentar untuk dapat mencerna-nya, apakah kalian memang Respect banget dengan segala tema tentang Kegelapan, Kebencian nyata, serta Kematian?
Nofa : mau ga mau itu kenyataan yang selalu kami lihat di hampir semua media media konvensional. Perang, kematian, dan mirisnya ketika "keyakinan" dijadikan sebagai salah satu "kendaraan" untuk memasukkan paksa doktrin2 agar saling memusuhi dan membunuh. Di album ini kami ingin menggambarkan secara implisit dari sudut pandang kami sebagai "pihak ketiga" tentang segala kebusukan2 yang terjadi.

Lalu makna apa sih yang ingin HELLHOUND ungkap dalam Artwork Simple Graphic di " For Whom You Pray " ? apakah telah mewakili tema Album yang kalian inginkan sebenarnya? Siapa yang mengerjakan artwork nya ?
Nofa : Big thanks buat mas aghy (Demigod) yang sudah berhasil memvisualisasikan pemikiran kami tentang konflik2 sosial di kehidupan ini yang berlatar belakang pada "keagamaan". Jadi simplenya, jangan hanya menyerap semua "hal" hanya dari satu sisi saja, sehingga akan menjerumuskan kita pada pola pikir yang sempit, picik dan berujung kefanatikan. ada baiknya kita mengetahui bangkai dibalik permata2 yang mereka tawarkan, sehingga kita akan yakin kepada dan untuk siapa kita berdoa. kurang lebihnya begitu haha dan itu semua tetap dari kaca mata kami lho haha

Trus bagaimana Menurut HELLHOUND tentang Perkembangan Indonesian Death Metal untuk 5 tahun yang akan datang? apakah Kalian Optimis Scene tanah Air kita akan makin " Berbahaya " dimata Internasional dengan berkembangnya teknologi serta Informasi cepat ini? lalu bagaimana dengan Malang Scene saat ini perkembangannya ? ada rekomendasi band2 baru berbahaya untuk perlu diwaspadai eksistensinya ?
Andika : kita punya banyak death metal keeper's yang terus setia berkarya dan membimbing band-band baru.. dan saat ini amunisi baru berbahaya pun sudah banyak bermunculan. death metal 5 tahun kedepan? perpaduan para dm keepers dan amunisi-amunisi baru ini tentu saja akan menjadi daya explosive luar biasa buat scene ini.saya pikir secara musikalitas, akan tiba saat dimana tidak ada gap antara musisi luar negeri dan dalam negeri. asalkan mindset download bajakan dijauhkan dari kebiasaan kita. support lah musisi dengan beli CD dan merchandise originalnya. untuk kota malang sendiri sayangnya scene DM Malang sedang bukan dalam kondisi terbaiknya. mudah-mudahan Hellhound bisa sedikit membuka cakrawala baru buat perkembangan DM di MAlang. ini harapan dan cita-cita kami. kami rindu melihat band DM Malang menjadi tuan di tanah sendiri.
Nofa : optimis sekali! apalagi setelah mendengarkan beberapa rilisan album baru yang menurut saya "ini sudah bukan indonesia lagi" hahaha (Death Vomit-Forging Legacy + Carnivored-No Truth Found). dengan "check point" seperti itu, sudah seharusnya band2 DM lokal tersulut untuk menghasilkan karya yang menyamai, atau bahkan mungkin melampaui, karena didukung fasilitas dan teknologi saat ini. soal perkembangan DM d malang seperti yang dikatakan andika, tp meskipun begitu respect mereka pd musisi lokal tetap baik. oh beberapa Band DM berbahaya malang ya .. Rottenomicon, Delirium Carnage waspadalah waspadalah!! Hahaha …

10 Top Album Death Metal Agresif terbaik Yang Bikin HELLHOUND fanatik Saat ini dan Selamanya !

* CANNIBAL CORPSE - Tomb Of Mutilated
* DECREPIT BIRTH - .. And Time Begin
* NECROPHAGIST - Epitaph
* VITAL REMAINS - Icon Of Evil
* DISGORGE - Consume The Forsaken
* DISAVOWED - Perceptive Deception
* CRYPTOPSY - None So Vile
* HOUR OF PENANCE - Paradogma
* SUFFOCATION - Pierce From Within
* FLESHGOD APOCALYPSE - Agony

..harusnya jangan cuma 10 mas hahaha

Tentang Planning yang akan datang dari HELLHOUND selain Prepare for Full CD " For Whom You Pray " ?
Andika : kami sedang mempersiapkan beberapa agenda launching album dan juga beberapa konsep tour ala street gigs. kami ingin memulai kembali falsafah DIY gigs dalam arti optimalnya, bukan dengan banyak-banyakan band regis. pertunjukan musik metal menarik bagi kami adalah "Ringan di jumlah band, Berat di kualitas dan musikalitas".

Thanxs sebelumnya ada Waktu buat Menjawab Interview ga penting ini hahahah ... dan Kata2 terakhir HELLHOUND untuk mengakhiri interview ini ??
Andika : Supportlah musisi lokal dengan tidak mendownload dan membeli CD atau merchandise bajakan. jangan meminta tiket masuk acara gratisan. berpeganglah teguh pada kata-kata diatas langit masih ada langit. maju death metal indonesia, stay away from posser!

* Photo Dokumentasi By Pasukan Jihad.com

BACA JUGA Hellhound - For Whom You Pray CD 2014 (Klik Cover untuk membaca)

 

BACA JUGA Hellhound - Promo 2014 (Klik Cover untuk membaca)


 

BACA JUGA Hellhound - Entropic Geneseis CD 2016 (Klik Cover untuk membaca)



Posting Komentar

0 Komentar