ACROMATICA Interview (Jakarta, Indonesia)


Kompleksitas nada Kromatis menyerang perlahan dalam Tunes kental Death Metal masih tetap garang menghujam dengan partitur lick yang menginjeksi setiap Harmonisasi dan Emosional. its Proficiency-Bound Appeal comes at the Expense of the Genuine Malice and Atmosphere one can Associate with the Classics of even the most Ardently cruelty Technical Death Metal. More Malicious than Heinous, more Real than Fantasized, and Represented the final piece of the Musick Innovation ! menjadi perpanjangan cerita dari nama awal sebagai Anathematize ditahun 2010 dan Akhirnya nama ACROMATICA menjadi harga mati ketika mereka lebih Diehard dengan Progres signifikan dalam Band. it's the Frantic Approach to the song Structures that Diminishes its Impact. If some of the Riffs had been given more time and Space to evolve this might not be the case, but there are too many Passages that come out of nowhere and do nothing more than Display Technical ability. Technical ability aside, it's the song that counts in the end. Yess !!! Kita memang bakal disuguhi Riff komplit rumit bin Ajaib dari Shredder Nur Al Wahab yang telah membentuk Konseptual semata wayang Band bentukannya ini serasa menggila tanpa batasan Skill dan Keberanian. so siap-siap banget Konsentrasi kalian akan terkuras habis-habisan untuk mencerna setiap Kenikmatan Kromatis Nada yang dipermainkan lebih Kompleks ! Coz There are moments of Fucking Great in pretty much every song. Gw Sempet mengagumi Teknik-teknik Riffing Ajib-nya The Faceless, Veils Of Maya, Rings Of Saturn, Psycroptic atau Necrophagist, seperti Scene tanah air sangat membanggakan sekali dengan Eksistensi Acromatica. lebih mampu mengendalikan Musisi Emosional dengan lebih Tertata, band ini telah menciptakan kontrol terbaik untuk melahirkan kegilaan yang tidak kita bayangkan sebelumnya. dan sejak mendengar Bocoran materi album ini, Gw udah memprediksi akan Kedasyatan nyata Acromatica tawarkan tetap yang terbaik untuk Fans Fanatik TDM ! dan menambahkan Klaim tepat seorang David Salim-nya DJIN yang mengatakan " Riff Intro yang sangat Krusial bener-bener tereksekusi dengan baik. Melodik dan tidak berlebihan menandakan tema lagunya jelas dan " Terarah " ini berlaku sampai akhir lagu ". Taking some Blasting and Complex drum fills into Account, it seems Bands are attempting to make a more Emotive and Atmospheric Progressive Equivalent. dan rasanya makin ga tahan untuk segera membedah Materi Extraodinary yang udah lama Gw tunggu. Especially For those who love more Amazed Technical and Progressive Melodic DM that you can Really Bang your Head.

Hell-O apa Khabarnya ACROMATICA camp Hari ini ?
Acromatica : Halo mas Herry! kabar kami disini sehat dan baik semua. All is well!!!

Masih akan lebih Bersahabat Memulai Interview dengan Pertanyaan klasik yang masih wajib en juga terlalu Membosankan jika dimulai dengan ini hehehe, Ceritain Historis singkat Serta Konspirasi Terbentuknya Band ini, Biar lebih Akrab aja dengan Metalhead Fans yang mencari info Band lengkap Pokoknya hehehe ...
Acromatica : Bermula dari Anathematize pada tahun 2010. Dengan formasi awal ( Wahab, Apri, Bayu, Imam, Adit ). Awalnya sih sekedar jaming2 untuk mengekspresikan gairah musik masing2. Tapi seiring berjalanya waktu, Anathematize bertekad untuk membangun band ini menjadi lebih serius dengan memadukan setiap influence personal dari masing2 player. Dari gaya bermain gitar(Wahab) yang senang memainkan lick2 harmonic minor sampai sang vokalis(Bayu) yang super fanatic dengan karakter Growl, Grunt & Piqsquealnya. Band ini pun melangkah dengan penuh ambisi, hingga terciptalah beberapa lagu dari Anathematize. Kemudian, karena ada satu dan banyak hal beberapa personil mengundurkan diri, diantaranya : Bayu, Adit dan Imam karena urusan pribadi mereka yang menyebabkan mereka tidak bisa berlanjut untuk berkarya di band ini. Lalu pada tahun 2013 Ahmad Reza bergabung untuk menggantikan posisi Bayu (Vocal) disusul dengan Afoll (Fikri Ramadhan) yang ikut bergabung untuk menggantikan posisi Adit pada drum. Pada pertengahan tahun 2014, ANATHEMATIZE pun sepakat untuk merubah nama menjadi ACROMATICA dengan merubah gaya dan warna musik yang dimainkan sebelumnya dan diperkuat oleh Meidika Ananda pada posisi bass. Dan sangat disayangkan, pada pertengahan 2015 lalu Apri Nanda Putra harus mengundurkan diri karena pekerjaannya yang banyak menyita waktu.

Filosofi nama ACROMATICA bagi Musikal dan Obsesi band? dan apakah nama awal ANATHEMATIZE sendiri Kurang mewakili keinginan band pada saat ini?
Acromatica : ACROMATICA berasal dari kata "Cromatico' (ITALY) yang artinya adalah "Kromatik'. Sebenarnya sih ga ada obsesi apa-apa, cuma supaya nama band kami ini lebih mudah untuk di ucapin aja hehehe. Lagi pula menurut kami, musik Death Metal itu kaya akan nada-nada kromatik yang mungkin bisa di variasikan dengan Tune-Tune kental khas Death Metal itu sendiri. Merubah nama ANATHEMATIZE menjadi ACROMATICA sebenarnya sih juga untuk mengganti imej kami yang banyak mengira band kami adalah band yang mengusung faham satanis dikarenakan definisi dari kata "ANATHEMATIZE' adalah sesuatu yang "Dilaknatkan Tuhan". 


Amazed & Congratulation ! Full album pertama " Misdirection Impact " telah dirilis, sebuah Mimpi Panjang yang lunas terbayar ditahun 2016 ! dan bagaimana Sejauh ini dengan respon yang diterima dari Penikmat Musik tetap bagus, atau kebalikannya?
Acromatica : Alhamdulillah sih banyak yang support dan memberikan respon positif, bahkan dari band-band idola kami seperti Siksa Kubur, Djin, Deadsquad dll.

dan masih adakah Respon Negatif yang mungkin ACROMATICA terima untuk " Misdirection Impact " ini ?
Acromatica : Sejauh ini sih belom ada, hehehe Alhamdulillah sesuatu ya Mas ... (Bangeeettzz .Ed)

Bagaimana Ceritanya juga ACROMATICA bisa ketemu en Deal dengan Sickness Production dan sejauh ini bagaimana dengan hasil kerja kerasnya untuk " Misdirection Impact " telah mewakili beberapa keinginan Band ?
Acromatica : Kebetulan semua personil Acromatica sudah kenal baik sejak lama dengan sang produser,  Mr.Andre . Dan kami sangat menyukai kinerjanya selama ini, karena memang Andre orang yang sangat totalitas di bidangnya. WE PROUD TO BE SICKNESS!!!

" Misdirection Impact " Menurut Gw " Upped the Ante even higher, Expanding on the Scintillating Juxtaposition of Technical Ferocity and Melodic Progressive Instances, Strengthening both and Bringing a new Plateau of Awesome songwriting ", Materi TDM Liar dan Enerji parah dengan sentuhan Komposisi yang Extremely Gokill, Sehingga gw pengen tau lebih Banyak tentang Proses Penggarapannya. Apakah ini adalah sebuah Materi pertama yang menurut kalian sebenarnya paling menguras Konsentrasi untuk Bermain lebih Epik, cepat dan Melodius?
Acromatica : Awalnya kesulitan sih, untuk memadukan lick-lick yang menurut kami itu harus terdengar segar dengan nada-nada death metal yang selama ini kita tau super ekstrim. Tapi, seiring berjalannya waktu dan Alhamdulillah semakin kesini semakin banyak inspirasi yang masuk kedalam otak kami. Kalau di bilang menguras konsentrasi, ya sangat menguras juga sih. Tapi, Insya Allah kami siap untuk menyiapkan materi yang lebih menantang dari materi lagu-lagu kami sebelumnya. Tapi itu nanti sih mas, hehehe.

Apakah Kalian sendiri sangat Puas dengan hasil final " Misdirection Impact  " secara keseluruhan? jika belum, pada bagian mana saja yang ingin kalian perbaiki kedepannya?
Acromatica : Jujur sih belom hehe, kami belum sepenuhnya puas dengan materi-materi yang telah kami buat untuk album ini. Kami masih ingin berkembang, untuk membuat materi lagu yang mungkin lebih dewasa dari sebelumnya. Dan juga, dari segi Balancing Masteringnya yang memang sempat mengalami kendala di beberapa lagu hehehe, apalagi yang mixing masteringnya dari personil band sendiri. Next Album, kami akan berusaha untuk lebih baik.

Sebenarnya apa saja yang ACROMATICA tawarkan di " Misdirection Impact ", dengan banyak mengangkat tema tentang Fantasi, Tantangan Hidup dan Abstrak sebagai Konsep lirik. Apakah Vocalis Achmad Reza merasa paling bertanggung jawab pada Penulisan Lirik lagu-nya? sementara member lain harus fokus pada Instrumen saja.
Acromatica : Kami menawarkan suguhan atas Musik Death Metal yang lebih Idealis menurut kami di "Misdirection Impact" ini, Tanpa harus mengikuti segi umum pada beberapa Aspek TDM itu sendiri. Ya untuk penulisan lirik lagu Reza punya bagian nya sendiri untuk bertanggung jawab sepenuhnya.

Seberapa berpengaruh-kah Lirik lagu bagi Musikal ACROMATICA sendiri? Cukupkah Membakar sebuah Kebencian dalam diri kalian yang tidak terungkapkan?
Acromatica : Sedikit banyak berpengaruh, karena pada saat penulisan lirik sendiri ada hal atau kejadian yang di maksudkan dan di jelaskan. Hehehe ... Sejauh ini sangat cukup!! :))

Sekali lagi Hail Salutes sekali untuk Penulisan materi " Misdirection Impact " ini seperti telah menguras Konsentrasi, Fikiran dan Enerji member band. dalam Referensi Musikal, Band2 mana yang telah menjadi " Racun " Fantasi bermusik ACROMATICA Menjadi lebih Terdengar Segar dan Menantang??
Acromatica : Banyak band yang menginpirasi dan memberikan pengaruh kpd kami seperti The Faceless, DeadSquad dll. Ditambah band-band seperti Beneath The Massacre, Necrophagist, Obscura, Gorod, AlterBeast dan juga kami sempat terbius dengan partitur-partitur progresif yang di suguhkan oleh Veil of Maya.

Untuk mengkomposisi TDM Konsep dengan balutan kental Elemen Melodius dan Shredd, apakah Bagi ACROMATICA Menghadapi tantangan tersendiri mengingat Konsep yang kalian Mainkan disini sangat Menuntut skill dan Performa yang tinggi.
Acromatica : Kami akan terus berlatih. Terutama untuk si player gitar dan bass, harus sering-sering fingering. Juga mungkin tentang pemahaman untuk mengatur sound dari masing-masing instrument.

Apakah All member ACROMATICA pernah Mengenyam Pendidikan Musik Secara resmi?
Acromatica : tidak, hehehe. Kami sih mengandalkan feeling masing2 aja, juga mencoba mengembangkan apa yang kami bisa sekarang.

Bagaimana sebenarnya Kalian meng-komposisi dan Aransemen materi lagunya. apakah masih dengan Konsep seperti pada Umumnya saja atau ada Trik2 " Khusus " yang pengen kalian bagikan kepada Temen2 band laen ? Lalu Siapa saja yang Paling dominan Mengkomposisi hampir keseluruhan Lagu dalam " Misdirection Impact " ?
Acromatica : Sama seperti yang lainya, berawal dari Wahab yang awalnya jaming-jaming untuk membuat bagan lagu, lalu mencoba menyatukan ide masing2 dari setiap personil. Intinya sih sama aja dengan band2 lain. Yang paling mendominasi untuk buat lagu sih, itu mas, si wahab.


Bongkar juga Standard Equipment Minimal yang ACROMATICA perlukan dalam Proses rekaman dan (Mungkin) kebutuhan panggung ? apakah Sound " Misdirection Impact " ini Bakalan jadi " Paten " untuk materi2 selanjutnya mungkin ?
Acromatica : Pada saat rekaman kami menggunakan set drum standar, Memadukan Head messa Boogie dan cabinet Marshall untuk track gitar serta Laney untuk bass. Untuk track gitarnya itu pake Ibanez S series, bassnya pake fender jazz bass. Untuk kebutuhan panggung kami masih berusaha memaksimalkan gear yang ada pada kami saat ini. Misalkan gitaris kami menggunakan beberapa pedal stomps untuk perfom. Kami akan berusaha memberikan sound yang lebih baik lagi untuk materi-materi kami selanjutnya.

Trus bagaimana Menurut ACROMATICA tentang Perkembangan TDM Style Tanah air untuk 5 tahun yang akan datang? apakah ACROMATICA masih Optimis, jika Scene kita masih Menjadi ladang yang subur untuk perkembangannya untuk beberapa beberapa tahun yang akan datang ?
Acromatica : Kami sih tidak tau perkembangan untuk 5 tahun kedepan. Yang jelas, saat ini banyak band2 yang berkualitas yang dapat mempertahankan bahkan memberikan kemajuan untuk scene TDM di tanah air.

dan band yang menurut ACROMATICA patut banget diwaspadai Eksistensi-nya!
Acromatica : Buanyaaak, menurut kami sekarang ini banyak band-band yang menyuguhkan materi-materi super canggihnya. Apalagi beberapa band idola kami di tanah air, seperti DEADSQUAD akan merilis album baru mereka yang bertajuk " Tyranation " dan DJIN yang kami dengar juga sudah mulai mempersiapkan materi untuk album baru mereka. Sungguh-sungguh sudah tak diragukan lagi, mereka pasti akan melahirkan karya2 yang eksistensinya sangat berpengaruh di scene TDM Tanah Air.

10 Top Album TDM terbaik Yang Bikin ACROMATICA fanatik Saat ini dan Selamanya !
* The Faceless - Planetary Duality
* Necrophagist - Epitaph
* DeadSquad - Horror Vision
* Siksa Kubur - Eye's cry
* Obscura - Cosmogenesis
* Decrepit Birth - Polarity
* Alter Beast  - Immortal
* Djin - The Era of Destruction
* Gorod - A Perfect Absolution
* Veil Of Maya - The Common man's collapse 
           
sebenernya sih masih banyak lagi, apalagi dari Tanah Air kita ini. Tapi, berhubung disuruh sebut 10 aja hahahah :D

Tentang Planning yang akan datang dari ACROMATICA ? Video Clip? Album Tour ?
Acromatica : Dua-duanya sih mas heheheh Insya Allah

Overall, Sukses banget untuk " Misdirection Impact ", Thanxs sebelumnya ada Waktu buat Menjawab Interview ga penting ini hahahah ... dan Kata2 terakhir ACROMATICA untuk mengakhiri interview ini
Acromatica : Big thanks LOSTINCHAOS MEDIA! Untuk teaser, review dan kesempatan untuk interview ini. LONGLIFE !!! HAILSSSS !!!

CHECK ACROMATICA " Misdirection Impact " LOSTINCHAOS REVIEW (Click Cover)

http://www.review.lostinchaos.com/2016/05/acromatica-misdirection-impact-cd-2016.html

LOSTINCHAOS INTERVIEW

semua tulisan disini adalah Hak Milik LOSTINCHAOS Mediazine yang Free for Share cukup hanya dengan mencantum-kan Source Interview link-nya. tulisan disini dibuat dengan jujur tanpa tendensi apapun. saran, kritik dan caci maki, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini, Keep Metal Flame till' die !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanxs for read this Interview, Please Leave some Comment for this ... :)