FROMHELL Interview (Jakarta, Indonesia)


Rajutan Sophomore Black Metal elemen yang terasa lebih Dinamis dan mengusik Dimensi Pekat Alam sadar. Atmospherically, most Serious issues in terms of songwriting Competence. It’s a Rather Darker than Dark, and more Concerned in creating a Comfortable listening Experience than anything else. come The eight epic songs are inspired by the culture, history and mythology of Ancient China. scene kita memang masih belum memiliki populasi Karakter BM seperti ini, sejak kemunculan nama Vallendusk, makin variatif lah warna Scene BM kita yang masih didominasi dengan beberapa karakteristik kultur budaya setempat. meski tidak murni mengusung warna kuat tanah air, FROMHELL mungkin band ke-2 setelah Vallendusk yang lebih banyak mengangkat tema tentang Sejarah serta Mitologi cina kuno sebagai Konsep lirik lagunya, apalagi untuk debut full pertama ini, terdeskripsi penuh lewat artwork dan layout yang terinspirasi oleh lukisan handscroll berjudul " The Nine Dragons"  karya seniman Cina, Chen Rong dari tahun 1244, lukisan tersebut mengacu pada kekuatan dinamis alam di Taoisme, serta lukisan tradisional pemandangan Tiongkok. benang merah Lahirnya band ini seperti tidak bisa dilepaskan dari Band sejawat-nya, Vallendusk sejak resmi dideklarasikan tahun 2004 dengan hanya memantapkan formasi duo aja. Memiliki Sejarah serta Konsep yang hampir bersamaan bukan berarti Hal ini akan terjadi sama persis antara Vallendusk dengan Fromhell, meski sama-sama memiliki Atmosfir musik yang gelap mencekam, Konstruksi warna Musikal Fromhell menurut gw lebih banyak mengarah ke Warna Progressive/Pagan Black Metal, banyaknya sentuhan Dinamis, Progressive juga melodius menjadi Poin penting mengapa Band ini Gw anggap memang berbeda untuk menghilangkan stigma stagnasi, kejenuhan, dan stereotip lain yang melekat sebelumnya di scene musik ini. The mixture of almost Meditative instrumental parts and fast riffs with Thundering vocals create a strong Contrast and is Definitely the band's most Impressive specialty is possibly the most enthralling purveyor of nature-bound atmosphere I've ever heard in black metal. ada banyak Riff melodius dengan sentuhan mempesona diantara Thundertempo-nya. sejenak biarkan imajinasi kita termenung hening terbawa arus Meditasi dimensi yang Fromhell tawarkan, rasakan sensasi yang begitu berbeda dan gelap mencekam. there is Decay and Coldness, sure, but still enough Warmth to remind you that the Coldest days are still ahead.

Hell-O apa Khabarnya FROMHELL camp Hari ini ?
hell-o juga, kabar baik disini.

Rasanya akan lebih Bersahabat Memulai Interview Dengan Pertanyaan klasik yang masih wajib en juga Membosankan kalo jika selalu dimulai dengan ini hehehe, Ceritain Historis singkat Serta Konspirasi Terbentuknya Band ini, Biar lebih Akrab aja dengan Metalhead Fans yang mencari info Band Pokoknya hehehe ...
FROMHELL terbentuk di tahun 2004 dengan nama FROMHELLinc, berawal dari band unit kegiatan kampus di Bina Nusantara untuk memainkan musik ekstrim metal yg notabene masih jarang di situ. seiring waktu pergantian personel cukup menghambat kemajuan band dari segi penulisan materi dan rilisan, maka dari itu kami memutuskan jalan berdua karena merasa sudah konsisten di jalur ini.

Full album pertama " 巫峽 Dynasty " bisa jadi telah mendapat respon yang Bagus sejak pertama dirilis tahun 2014 via Naturmacht Productions dan saat ini disusul rilisan ulang untuk Indonesia via Hitam Kelam Records telah mewujudkan Obsesi Kalian selama ini, sebuah Mimpi Panjang sejak all Member band Terjebak dalam Hitamnya dunia Musik Cadas ini, yang paling utamanya pasti adalah proses membuat sebuah Full Album yang responsible dengan penikmatnya! Sejauh ini bagaimana dengan respon yang diterima dari Penikmat Musik tetap bagus, atau kebalikannya? masih adakah Respon Negatif yang mungkin masih FROMHELL terima untuk " 巫峽Dynasty " ini ?
Respon cukup baik terutama dari teman teman, dan sahabat yang sudah tau sejarah kami awalnya berdiri, walau secara umum sebenarnya tidak bisa berharap banyak untuk genre ini diterima mayoritas  pendengar musik metal.

Bagaimana Ceritanya juga FROMHELL bisa ketemu en Deal dengan label asal Jerman, Naturmacht Productions? Apakah di Indonesia sendiri banyak label metal yang akan siap menampung obsesi FROMHELL? ataukah ada alasan yang dapat kalian ceritakan?
ketika single pertama dirilis, sebenarnya agak susah untuk genre ini diterima orang / khalayak musik metal pada umumnya, dan kami juga tidak terlalu aktif dalam pergaulan antar komunitasnya, serta pasar lokal pun dikuasai dengan selera lain, maka kami berinisiatif membawa ini keluar saja, kebetulan kami mendapatkan respon baik dari Naturmacht Jerman, dan langsung mendapat rilisan setelah materi selesai.

dan Menurut FROMHELL yang membedakan Rilisan Format Digipack dengan Jewelcase ? Masih diseduh dengan Konten yang sama persis atau ada perbedaan yang mungkin ga banyak orang Tau?
Dari segi music dan sound sama dengan rilisan sebelumnya, namun untuk versi jewel case ini kami mendapat kesempatan menaruh lirik kami, yang sebelumnya tidak terjadi dengan versi digipack, karena keterbatasan tertentu, tentunya dengan penambahan artwork baru, membuat kemasan jewel case ini menjadi lengkap sebagai atribut “dongeng” kami.

" 巫峽 Dynasty " Menurut Gw adalah Materi Atmospheric Black Metal dengan sentuhan melodius dan Progresif yang kental, disaat Band2 Lain lebih memilih Black metal dengan Style familiar yang lebih menjanjikan. dengan Terjangan Atmospheric Progressive/Pagan Black Metal Yang tetap Suram dan Gelap. Sehingga gw pengen tau lebih Banyak tentang Proses Penggarapannya. Apakah ini adalah sebuah Materi pertama yang telah menguras Konsentrasi kalian untuk Bermain lebih Atmosperik?
Kami tidak memfokuskan diri di konsep atmospheric sebenarnya, kami hanya memainkan music yang menurut kami suka, sejak awal berdiri sudah banyak materi materi yang tersusun, namun semua kami kaji ulang terus menerus, seiring perkembangan teknologi dan kematangan individual maka kami pun memberanikan diri meluncurkan巫峽 Dynasty , dengan berbagai elemen music yang kami suka dan  kami ramu didalamnya.


Salut untuk Powerfully Drummer Derick Prawira untuk memainkan Durasi Lagu yang cepat dengan Durasi diatas 5 menit. Apakah disini tidak banyak melakukan pengulangan menguras tenaga pada Proses Rekamannya?
Pengulangan pasti terjadi, namun beat dan struktur lagu kami masih sewajarnya batas kemampuan manusia umumnya, jadi masih bisa dikejar dengan kemampuan yang ada pada kami tanpa menjadi fokus permasalahan, karena menurut kami konsep  dan filosofi lah yang utama disini.

Sebenarnya apa yang FROMHELL tawarkan di " 巫峽 Dynasty ", dengan banyak mengangkat tema tentang Sejarah serta Mitologi cina kuno sebagai Konsep lirik. Bagaimana FROMHELL mendapat Referensi saat Proses Penulisannya? Apakah Vocalis Dedi Sadikin telah melakukan Pekerjaannya dengan Baik?
Sebenarnya kami hanya mengangkat tema dan budaya yang tidak pada umumnya, dan disini kami berusaha bercerita / fantasi dengan karakter yang kami buat sendiri, walau tentunya merefrensi dengan situasi historikal. Tentunya didahulukan dengan riset mendalam mulai dari internet, buku dll.. Kami rasa lirik yang dibuat sudah sangat “sophisticated”, karena didalamnya penuh filosofi dan perumpamaan-perumpamaan yang mendalam.

Apakah yang ingin FROMHELL sampaikan di " The Empress Ghost " ? dan " Final Triumphant in Gie Rax Gate " ?
sebenarnya konsep album kami ini adalah satu kesatuan cerita dari track pertama sampai akhir. Empress Ghost menceritakan tentang sosok permaisuri yang menjadi hantu di tengah hutan penjaga prasasti antar dimensi. Final Triumphant in Gie Rax Gate merupakan track penutup, jadi ini akhir dari semua peperangan besar antar mahluk yang terjadi di suatu gerbang bernama Gie Rax, ini adalah Gerbang batu energi antar dimensi yang diperebutkan untuk menguasai dimensi bumi dan alam hantu.

Untuk mengkomposisi Progressive/Pagan Black Metal dengan balutan kental Atmospheric, apakah Bagi FROMHELL Harus Menghadapi tantangan tersendiri mengingat Konsep yang kalian Mainkan masih belum begitu besar di Scene Tanah air. untuk menciptakan Sound yang lebih Hitam serta terasa Elemen Melodius, Apakah Elo harus Merubah Stem Riff Standar dengan Tune yang lebih High ? atau Hanya memainkan Riff Key dengan High Tune saja? atau ada Konsep tersendiri ? en menurut elo, apakah Sound di album perdana ini sudah menjadi keinginan Kuat sejak lama ?
Tidak ada tantangan, semuanya mengalir saja, kami memainkan style apa saja yang kami suka, intinya kembali ke individu band tanpa memikirkan pasar sebenarnya,untuk teknis sound kami pun tidak mematok jenis yang ada, mungkin kedepannya sound kami berubah, semuanya tergantung mood dan situasi terkini, dari segi teknikal tune riff kadang kami menggunakan riff yang low yang biasa didapatkan dengan 7 string gitar, hanya sekedar mendapatkan low tone saja( gak lazim buat style Black metal memang).


Ceritakan Bagaimana Proses Penggarapan " 巫峽 Dynasty " ini. Siapakah yang Memainkan Instrumen Gitar? mengapa FROMHELL tidak melengkapi dengan Pemain Gitar, Bass dan Keyboard untuk Formasi Full ?
Untuk formasi Full bisa dibilang kami belum menemukan yang benar-benar satu visi, dan memang player jenis aliran ini masih langka di Indonesia, jadi kami putuskan jalan berdua, walau tidak kemungkinan menambah personel bila memang pas dan cocok. Untuk gitar dibantu beberapa teman dan adisional saja, tentunya dengan arahan dan konsep mutlak dari kami.

Standard Equipment Minimal yang FROMHELL perlukan dalam Proses rekaman dan (Mungkin) kebutuhan panggung Nanti ? apakah Sound " 巫峽王朝 Dynasty " ini Bakalan jadi " Paten " untuk materi2 selanjutnya mungkin ?
Tidak, kemungkinan di album ke dua nanti semuanya akan berubah, tergantung mood dan keinginan  yang terjadi nanti.

Bagaimana sebenarnya Kalian meng-komposisi dan Aransemen materi lagunya. apakah masih dengan Konsep seperti pada Umumnya saja atau ada Trik2 " Khusus " yang pengen kalian bagikan kepada Temen2 band laen ? Lalu Siapa saja yang Paling dominan Mengkomposisi hampir keseluruhan Lagu dalam " 巫峽 Dynasty " ?
Kami berdua terlibat  penuh dalam ide dan aransemen, tentunya drummer sedikit lebih dominan karena yang menentukan struktur lagu nanti. Untuk aransemen .Dalam menkomposisi sering-seringlah mendengarkan banyak input musik jangan terpaku aliran tertentu saja, mainkan apa yang kmu suka.

Sekali lagi Hail Salutes sekali untuk Penulisan materi " 巫峽 Dynasty " ini seperti telah menguras Konsentrasi, Fikiran dan Enerji member band. dalam Referensi Musikal, Band2 mana yang telah menjadi " Racun " Fanatis bermusik FROMHELL Menjadi lebih Terdengar Dark Scandinavian-flavoured ?? Apakah Nama AGALLOCH, WINDIR, DRUDKH, WOODENSTHRONE, hingga SATYRICON Masih Menjadi warna Dramatis bagi Kalian ?
Iya, semunya kami dengarkan, dan memang kurang lebih banyak terinspirasi dengan para jagoan jagoan skandinavia, walau dalam proses kami pun ada terinspirasi dari berbagai musik dunia, kususnya  asia, dan dalam hal ini Throat singing Mongolian style kami pakai dalam unsur di lagu tertentu, walau tidak banyak.

Trus bagaimana Menurut FROMHELL tentang Perkembangan Scene Black Metal Tanah air untuk 5 tahun yang akan datang? apakah FROMHELL Optimis, jika Scene kita akan Menjadi ladang yang subur untuk perkembangannya seperti beberapa tahun yang lalu ?
Kami optimisi beberapa tahun kedepan seiring perkembangan teknologi dan informasi, dan semakin luasnya pergaulan dan interaksi dengan dunia, scene BM Indonesia akan semakin dewasa, dan menemukan bentuk kematangannya secara teknis dan filosofis tentunya, hal ini terbukti dengan beberapa apresiasi musisi BM local yang semakin hari semakin baik kualitasnya.

10 Top Album Therapy Atmospheric Black Metal terbaik Yang Bikin FROMHELL fanatik Saat ini dan Selamanya !
Mungkin tidak fokus di Atmospheric, tapi lebih ke Black metal secara general saja :

01 Isengard
02 Ulver (debut trilogy)
03 Windir
04 Enslaved
05 Istapp
06 Heimdals Wacht
07 Altar of Plagues
08 Agaloch
09 Dark Funeral
10 Nordjevel


Tentang Planning yang akan datang dari FROMHELL ?
menyelesaikan album ke dua dan mungkin suatu saat kembali ke panggung.

Sukses untuk " 巫峽 Dynasty ", Thanxs sebelumnya ada Waktu buat Menjawab Interview ga penting ini hahahah ... dan Kata2 terakhir FROMHELL untuk mengakhiri interview ini ??
Sukses terus lostinchaos! Teruslah berkarya tanpa batas!

Official Band Information


CHECK FROMHELL " 巫峽 Dynasty " LOSTINCHAOS REVIEW CLICK COVER BELOW

http://www.review.lostinchaos.com/2016/03/fromhell-dynasty-cd-2016.html


LOSTINCHAOS INTERVIEW

semua tulisan disini adalah Hak Milik LOSTINCHAOS Mediazine yang Free for Share cukup hanya dengan mencantum-kan Source Interview link-nya. tulisan disini dibuat dengan jujur tanpa tendensi apapun. saran, kritik dan caci maki, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini, Keep Metal Flame till' die !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanxs for read this Interview, Please Leave some Comment for this ... :)