ORESTES Interview (Indonesia)


Interview Answered By Johan Franklin ( Guitars )
   
Formed in 2007, after passing through a severe obstacle, ideas began to accumulate. Haryanto Imantaka Nugraha, Florentino Ariza, Johan Franklin, Fachri Bayu Wicaksono & Gemuruh Adhityatama commence the story. Influenced by early 1990's & 2000's metal bands like DEICIDE, CANNIBAL CORPSE, ORIGIN, & SPAWN OF POSSESSION. As the time goes by, ORESTES continues trying to create music that is more sharpe...r, powerful, & vigorous. ORESTES released their first promising demo called "Konspirasi Genosida" in 2009. In the middle of 2010, ORESTES has been invited to join with the biggest metal label in Indonesia named Rottrevore Records. With the confidence and capability of this 5 young man, ORESTES start looking for the theme of album and make efforts for something prevailing. ORESTES entered Masterplan Studio to begin the recording in September 2010 for the debut album called "Equivocal Paragraph". Metalheads will feel atmosphere of the ruction in this album and it will be release in the early of 2011.
   
Hell-O apa Khabarnya Boss ?? Lagi apa aja nih ORESTES sekarang ??
Sangat baik, Kita sedang sibuk melakukan promo untuk album Equivocal Paragraph ini saja.

dan Sebelumnya, selamat atas lahirnya album terbaru ORESTES “ Equivocal Paragraph ”. lalu Menurut kalian, apa yang paling signifikan di album ini dibanding Materi materi sebelumnya? Dan Keputusan apa yang kalian ambil saat harus memajang titel “ Equivocal Paragraph ”. lalu Apa filosofi sendiri dari " Kalimat " tersebut?
Terima kasih banyak, Mas. Yang paling signifikan mungkin materi-materi dalam album Equivocal Paragraph ini lebih matang dibanding demo-demo yang dahulu. Menurut Kita, Equivocal Paragraph adalah judul yang paling tepat untuk merangkum semuanya. Filosofi Equivocal Paragraph? Menurut kita filosofi Equivocal Paragraph itu sudah eksplisit ya. Memiliki arti ayat atau paragraf samar, saru, dan semacamnya. Kita gunakan bahasa sederhananya saja yaitu, ketidakjelasan.

Ceritakan isi materi dalam " Equivocal Paragraph ", apakah ini menjadi sebuah Klimak Konsep Band dari sebelumnya ?? Bagaimana Kalian secara Nyata dapat menggambarkannya ??
Belum menjadi suatu klimaks, ini kan album pertama Orestes. Materi-materi dalam Equivocal Paragraph itu bukan suatu yang tematik karena banyak yang kita suarakan., diskriminasi, keserakahan, ketidakadilan, pokoknya segala kenyataan yang kontradiktif dari kebijakan-kebijakan kontemporer para penguasa. Intinya sih semua dapat dirangkum dalam satu judul, deteriorasi sosial & politik.

Lalu Apakah sih makna sebenarnya Dituangkan dalam lagu " Equivocal Paragraph " dan " Konspirasi Genosida " ??, sepertinya menarik sekali untuk ORESTES kasih deskripsi Arti kata itu jika kita hubungkan dengan hal yang nyata dalam kehidupan.

Untuk lagu Equivocal Paragraph, esensi dari lagu ini sebetulnya ditujukan untuk para bigot, kaum konservatif, fundamentalis, mereka yang merasa memiliki ideologi eksklusif, dan yang menginginkan kehomogenan Indonesia. Hampir sama dengan Equivocal Paragraph, Konspirasi Genosida liriknya lebih universal. Tidak hanya tertuju kepada satu objek tertentu.

Apakah ORESTES memang tertarik dengan Opini Politik Indonesia saat ini dan menulisnya dalam Bahasa yang lebih Sarkatis dan Putrid ??

Betul, Kita memang tertarik menulis lirik dengan gaya sarkasme agar pesan yang disampaikan juga terkesan lebih tajam.

Suka Duka selama Proses Penggarapan Materi ini di Studio dan Bagaimana Komen ORESTES saat final Mixing proses Materi ini ? Puas Or Ga Puas ?
Betul-betul teler yang pasti, Karena kita tinggal di Bintaro sedangkan Recording, Mixing, dan Mastering dilakukan di Ujungberung & Buah Batu. Beberapa kali bolak-balik Jakarta-Bandung. Total kita menghabiskan waktu sekitar 4 bulan untuk penggarapan materi dan 5 bulan untuk proses Recording, Mixing dan Mastering. Kalau ditanya puas atau gak puas, Kita puas walaupun masih banyak kekurangan. Kan ada regulasi & target juga, jadi gak bisa seenaknya.

Kalo gw sedikit menggambarkan musik ORESTES adalah perpaduan antara DEICIDE, MORBID ANGEL serta CANNIBAL CORPSE dengan beberapa sentuhan Indonesian Death Metal sound , apakah kalian setuju dengan pendapat gw ??
Setuju-setuju saja kok. Itu kan penilaian secara subjektif. Deicide, Morbid Angel, & Cannibal Corpse juga band-band yang mempengaruhi Orestes.

lalu Definisikan musik ORESTES dalam album ini sebenarnya seperti apa dan Gimana?
Yang kita mainkan itu dasarnya Death Metal, mungkin klasifikasi para pendengar saja yang membedakan. Kalau kita lihat komentar yang dengar, ada yang bilang Technical Death Metal & Brutal Death Metal. Ada yang bilang musik Orestes adalah campuran dari Brain Drill & The Faceless, lalu Deicide & Vital Remains. Sebetulnya terserah yang mendengar, bebas.

lalu bagaimana jika sedikit membayangkan ORESTES untuk 5 Tahun mendatang... Keep on Death Metal Or not ???
Sudah pasti untuk kedepan Kita akan tetap ada dijalur ini. Kita akan menunjukkan eksistensi kita terhadap Death Metal.

Apa yang ingin Bakal kalian sampaikan dalam album " Equivocal Paragraph " yang akan rilis ini utk Death Metal Fans??
Apa ya? Pada dasarnya, kita ingin menyampaikan bahwa inilah Orestes. Kita menyuguhkan musik yang orisinil. Semua ide-ide kita kumpulin dan dituangkan kedalam album ini. Yang pasti, ini adalah suatu bukti bahwa generasi muda Death Metal juga dapat berkarya.

Ceritakan Pengalaman Nge-band member sebelum solid ORESTES . coz gw tau ini adalah Formasi Solid sejak band ini terbentuk tahun 2007.

Formasi awal Orestes saat terbentuk tahun 2007: Aka – Vokal, Ino – Gitar, Johan – Gitar, Vado – Bass, Gege – Drum. Fachri adalah personil Orestes yang paling baru. Dia masuk tahun 2008 menggantikan Vado. Formasi ini bertahan hingga sekarang.

Jangan Lupa cerita Juga dong tentang Kompilasi " Metal Blast " Rilisan Moshfit Records, apakah ini adalah CD Kompilasi Wajib bagi Death metal Freak untuk dikoleksi??
Sangat wajib! Line up didalam kompilasi Metal Blast juga edan-edan. Yang pasti Metalheads harus beli. Oh iya, Orestes juga ambil bagian dalam Kompilasi ini. Hahaha! Hitung-hitung juga kompilasi ini juga sebagai preview untuk Metalheads yang mau beli CD Death Metal lokal.

Bagaimana awalnya ORESTES bisa masuk dalam " The Next Troop " Rottrevore Records ?? apakah ORESTES telah memasuki Kriteria yang di Wajibkan label Boss Gendut Rio ini ?? karena memang ini adalah Debutan karir perdana ORESTES di kancah Indonesian Death metal Bagaimana kalian Mengenal Rottrevore Records itu sendiri ??

Dulu sih, Kita mimpi banget bisa masuk Rottrevore. Tahun 2009, Kita punya modal demo “The Apostasy Anathema” & “Konspirasi Genosida”. Tahun 2010 awal, Rio kirim Message yang intinya dia tertarik untuk merilis CD Orestes. Kalau kriteria, memang ada sedikit kriteria yang diwajibkan dan itu sudah dipenuhi. Setelah deal, Kita mulai menciptakan materi-materi baru dan merubah yang lama menjadi lebih baik untuk kemudian direcord.

Pertanyaan yang Harus ORESTES jawab nih .... Seberapa penting sih nilai kejujuran dalam berkarya Bagi ORESTES? Mengingat banyak musisi yang lebih berkompromi dengan teknologi untuk mengejar " Hasil " Maksimal pada Proses Recording, namun selalu tidak di perhitungkan dengan Kenyataan Real Stage Performance, sehingga Klimaks nya malah Bikin Fans rada Kecewa. Karena Hari ini Bagi Gw, teknologi terlalu " Membudak Diri " kan Manusia demi sebuah Kesempurnaan namun Kerap Mengelabui kenyataan saja.
Sangat penting, kalau Kita sih coba diseimbangin, memaksimalkan hasil recording dan live performance. Kalau memang ada yang kurang, itu pasti akan diperbaiki kedepannya. Yang pasti, usaha, kerja keras, & eksistensi untuk menunjukkan integritas kita.

dan Hukum Mutlaknya bagi kalian tentang itu ??
Memang mutlak. Harus. Gak bisa nggak.

sebuah Pertanyaan ga penting = Apakah ORESTES adalah Juga pribadi yang " Mendadak " Narsis begitu Booming Situs Jejaring Sosial kayak Facebook & Reverbnation mungkin, sehingga selalu sibuk Memenuhi Akun dengan sesi Photo photo saja , Apakah ini sebenarnya sarana Dokumentasi ataukah Ajang Narzisme ...... ?? atau Orestes takut dibilang kalo Ga Gaul aja ?? wkwkkwkwkwk
Justru kita jarang melakukan semacam Photo Session itu. Facebook, Reverbnation, Twitter, DLL betul-betul kita pergunakan untuk promosi. Kita Photo Session kalau memang sedang dibutuhkan saja seperti untuk Album & promo-promo gitu.

Komentar menurut ORESTES tentang Album2 baru tahun 2011 yang Gw sebutkan ini

- Morbid Angel - Illud Divinum Insanus
- Origin - Entity
- Decapitated - Carnival Is Forever
- All Shall Perish - This is Where it Ends
- Sepultura - Kairos
- Ingested - The Surreption
- Alienation Mental - Alienation Mental


Morbid Angel - Illud Divinum Insanus: Mungkin banyak fansnya Morbid Angel yang kecewa dengan Illud Divinum Insanus. Memang sih, mereka terlalu mengeskplor dalam album ini dan terkesan keluar jalur, entah apa latar belakangnya. Tapi Kita comfort kok dengar materi-materi Illud Divinum Insanus. 2 jempol untuk Morbid Angel, mereka tahu akibat apa yang muncul kalau mereka mengubah musiknya, tapi mereka tetap memainkan apa yang mereka ingin mainkan. Sangat impresif. Origin – Entity: Origin gak pernah mengecewakan, bahkan dialbum Entity ini. Saligia, Banishing Illusion, DLL. Banyak juga yang bilang kalau Antithesis lebih baik, tapi buat Kita, Entity tetap bersaing. Decapitated – Carnival is Forever: band-band Polandia soundnya itu cadas, Majestic. Apalagi dialbum Carnival is Forever ini. Tapi kalau soal materi, Winds of Creation lebih engrossed gitu, ditambah drummernya masih Vitek. Saat itu usia Vitek juga masih 15an kan.
All Shall Persih, Sepultura, Ingested, & Alienation Mental Kita belum dengar.

Dan siapa Band2 Death Metal Indonesia yang selalu ORESTES Waspadai Eksistensinya?
Banyak. Gak bisa Kita sebutin satu-satu. Ada yang dari generasi tua dan generasi muda, gila semua deh pokoknya. Mungkin sekarang yang band-band baru belum punya nama, tapi pasti regenerasi itu ada. Eskalasi Band-band baru yang produktif akan segera bermunculan.

Thanxs Bro untuk Membuang Waktunya menjawab interview ini, tanpa mengurangi Support Kita ... Kata kata Terakhir kalian di Akhir interview ini Khusus untuk LOST IN CHAOS readers ???
Terima kasih untuk Lost in Chaos atas interview ini, suskes terus zinenya! \m/

Official Band Information
www.myspace.com/orestesdeath
www.reverbnation.com/orestesdeath
www.twitter.com/orestesdeath
www.purevolume.com/orestesdeath
www.youtube.com/orestesjkt
www.last.fm/music/Orestes

Orestes Management
6282111771994

Email
thedeathorestes@hotmail.com 


LOSTINCHAOS INTERVIEW

semua tulisan disini adalah Hak Milik LOSTINCHAOS Mediazine yang Free for Share cukup hanya dengan mencantum-kan Source Interview link-nya. tulisan disini dibuat dengan jujur tanpa tendensi apapun. saran, kritik dan caci maki, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini, Keep Metal Flame till' die !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanxs for read this Interview, Please Leave some Comment for this ... :)