CADAVER Interview (Jakarta, Indonesia)


* diambil dari materi LOSTINCHAOS Mediazine edisi cetak issue # 26 (dibuat tahun 2016)

Hell-O apa Khabarnya CADAVER camp Hari ini ? Sapa yang akan Jawab Interview ini?
Deady Velo : hello mr herry sic,alhamdulilah kami baik baik saja dan dengan deady velo di sini yang akan menjawab interview ini \m/

Rasanya akan lebih Bersahabat Memulai Interview Dengan Pertanyaan lama en Extra Membosankan kalo selalu saja memang dimulai dengan ini hehehe, Ceritain Historis Serta Konspirasi Terbentuknya Band ini, Biar lebih Akrab aja dengan Death Metal Fans Pokoknya hahaha ...
Deady Velo : yang saya tahu band ini sudah terbentuk di jakarta sejak 2002 dari sebuah genre black metal dengan bergonta ganti personil dan warna musik hingga sampai 2 tahun lalu saya berada di band ini dengan formasi terbaru sampai sekarang.sangat panjang sekali ceritanya :)

Apa yang Memutuskan Band untuk Menggunakan nama CADAVER dari nama diawal karir, Sementara nama ini sendiri sudah banyak dipakai Banyak Band, Ada perasaan Berbeda saat " Harus " tetap Menggunakan nama ini ? atau memang ini adalah Opsi Terakhir kalian menginginkan sebuah nama yang lebih terdengar Gahar serta punya Imej sebagai Band Death Metal Bingitz pada intinya? dan Kalian telah sepakat hal telah mewakili Karakter Musikal band sendiri ?
Deady Velo : pertanyaan ini memang sempat jadi bahan pembicaraan beberapa tahun yang lalu namun menurut sang pendiri (deddy setya) bahwa tidak mudah mengganti nama begitu saja sejak terbentuk tahun 2002 dan tidak sedikit pula nama yang sama antara band luar negeri dan indonesia karena memang nama ini di ambil dari bahasa inggris namun perbedaan negara dan genre lah yang membuat kita tetap memakai nama CADAVER namun dengan sedikit keterangan yaitu ' CADAVER (jakarta) dan tentu saja kita berbeda dalam segala hal dengan band yang bernama sama.


Congratulations ! Akhirnya CD Perdana " The World Under Terror " Dapat Termuntahkan oleh Eastbreath Records dari Terwujudnya ambisi Kalian selama ini, sebuah Mimpi Panjang sejak all Member band Terjebak dalam Hitamnya dunia Musik Cadas ini, yang paling utamanya pasti adalah membuat sebuah Album ! Sebelumnya " The World Under Terror " dilepas Terbatas dalam format kaset Oleh Tarung Records. Bagaimana sejauh ini respon yang diterima oleh para Penikmat Musik sebelum en sesudah " The World Under Terror " dirilis? masih adakah Respon Negatif yang mungkin masih CADAVER terima ?
Deady Velo : thanks my bro, Alhamdulilah respon yang kami terima rata rata positif kalau pun ada mereka hanya mengeluh " kenapa harus kaset ?? CD aja donk bingung ngeplay nya nih ??! " lol.sebenarnya album ini harusnya rilis 2013 namun kita sempat kesulitan mencari label pada waktu itu dan sambil menunggu label (CD) akhirnya saya memutuskan untuk merilis format kaset eksklusif terbatas dengan TARUNG Records dan hasilnya sangat keren untuk sebuah label DIY, JFI Cadaver adalah band death metal pertama yang di rilis secara eksklusif oleh TARUNG Records yang sebelumnya hanya merilis band punk dan grindcore.

Bagaimana Ceritanya juga CADAVER bisa ketemu en Deal dengan Eastbreath Records untuk Perilisan kembali " The World Under Terror " dalam Format CD, Sejak Format Kaset lebih dulu dilepas terbatas oleh Tarung Records? apakah CADAVER yakin ini adalah Kesempatan yang bakal Maksimal dari Sebelumnya ?
Deady Velo : waktu itu EASTBREATH Records menawarkan kami untuk merilis album dalam format CD dan tanpa pikir panjang langsung kami iya kan karena memang ini yang kami tunggu sejak setahun yang lalu sebelum materi kami menjadi basi lol, dan memang di materi format kaset ada beberapa materi pamungkas yang memang tidak kami sertakan alias berbeda dalam jumlah tracks karena memang kami siapkan hanya untuk rilisan format CD Dari total 14 track kami hanya memasukan 9 tracks untuk kaset.

" The World Under Terror  " Menurut Gw adalah Materi Death Metal dengan Terjangan Dominan Dynamic Death Metal Powerfully. The sophomore is a tense, explosive manifestation which follows rather closely in the footsteps of its predecessor, straight ahead brutal death with run of the mill blast beats and Technicality.Sehingga gw pengen tau Banyak tentang Proses Penggarapannya. Apakah ini adalah sebuah Materi Maksimal yang harus menguras Konsentrasi kalian untuk Bermain secepat cepatnya? serta Suka duka-nya selama Proses Rekaman?
Deady Velo : justru di sini kami tidak bermain cepat sama sekali (sebenarnya) kami mencoba bagaimana death metal terdengar ENAK tanpa harus ngebut dan super brutal dengan memainkan nuansa maupun riff sederhana.karena yang super brutal dan super cepat sudah banyak sekali di luar sana ibarat 'di atas langit ada langit' yang gak akan ada habisnya jadi kami gak mau ambil pusing dan mengambil jalur enak di kuping saja.selama proses recording tidak halangan yang berarti dan kita menikmati sekali setiap moment yang kita lewati selama proses recording.


En bagaimana jika CADAVER dapat membandingkan sedikit Penggapan materi " The World Under Terror " dengan " Autis Demo ", atau " Progress for Revival " apakah di " The World Under Terror ", Kalian telah pada titik kepuasan Klimak sebagai Pematangan Konsep Band?
Deady Velo : karena sebenarnya di dua materi ini berbeda gitaris dan formasi jadi memang ada perbedaan yang signifikan,kalau di Autis Demo sepertinya lebih mengarah ke technical experimental yang ultra ngebut sedangkan untuk di album ini kami lebih mengedepankan nada sederhana yang mudah di nikmati walau ada sedikit elemen njlimet di beberapa part lagu dan juga proses penggarapan di album ini kami menggunakan real drum dimana sebelumnya menggunakan program.mengenai puas atau tidak puas untuk saat ini kami masih memikirkan tentang hal itu karena kami lebih ingin pendengarlah yang mengucapkan kata itu,artinya jika pendengar puas kami pun puas begitu pun sebaliknya.
 
Untuk mengkomposisi Death Metal Sound yang Heavy As Fuck, Apakah Elo harus Merubah Stem Riff Standar dengan Tune yang lebih Low ? atau Hanya memainkan Riff Key dengan Low Tune saja? atau ada Konsep tersendiri ? en menurut elo, apakah Sound di album ini sudah menjadi keinginan Kuat sejak lama yang telah tercapai ?
Deady Velo : karena banyak penggunaan senar bawah di album ini kami menggunakan tuning drop D agar tetap terdengar jelas tone nya dan sedkit menaikan level kick drum dan bass agar sedikit lebih low,kami cukup puas dengan sound final yang di miliki CADAVER di album ini dan tentu saja selera seseorang berbeda beda,silahkan di nilai sendiri.

Standard Equipment Minimal yang CADAVER perlukan untuk Proses rekaman dan Mungkin panggung saat ini ? dan apakah Sound di album " The World Under Terror " ini Bakalan menjadi " Paten " untuk materi2 selanjutnya ?
Deady Velo : saya pribadi sebagai gitaris masih menyukai trik lama yaitu sistem colok distorsi amply terkecuali jika ada amply yang tidak di sertai dengan distorsi saya biasa menggunakan pedal distorsi stombox dengan bantuan booster. yup sepertinya sound ini sudah cocok untuk lagu lagu CADAVER.


Sekali lagi Hail Salutes sekali untuk Penulisan materi " The World Under Terror " ini seperti telah menguras Konsentrasi, Fikiran dan Power member band. dalam Referensi Musikal, Band2 mana yang telah menjadi " Racun " Fanatis bermusik CADAVER Menjadi lebih Terdengar Awesome ?? Sapa aja yang Masih Menjadi Harga Mati Influentalis bagi musikalitas Kalian ?
Deady Velo : beberapa band yang meracuni saat proses pembuatan lagu ini mungkin Dying Fetus,Necropaghist,Deadsquad,The Faceless,Ring Of Saturn,Napalm Death etc.

Lirik Lagu CADAVER banyak menuliskan sisi pandang yang signifikan tentang sebuah Tema hampir disetiap lirik lagunya. sepertinya Hal ini bagi Pendengar membutuhkan penalaran yang ga sebentar untuk dapat mencerna-nya, apakah kalian memang Respect banget dengan segala tema tentang Kehidupan sehari-hari, Kebencian, Perang, Kematian serta Kiamat?
Deady Velo : sebenarnya hanya untuk kebutuhan lagu yang sesuai tema dengan musik cadaver saja tidak terlalu mendalami yang sebenar benarnya namun ada moment di mana kami ingin berkeluh kesah dengan masalah yang ada di otak untuk di jadikan sebuah lagu dan lagu lagu di album ini lah 'masalah masalah' itu kami ceritakan.

dan lagu " Kau Pantas Binasa " itu sebenarnya lebih CADAVER Tujukan kepada siapa? lalu bagaimana dengan " Intelektual Frontal " sendiri " ?? apakah CADAVER juga tertarik Menulis Lirik tentang Kritik Sosial yang Lebih Pedas serta Frontal ?
Deady Velo : KAU PANTAS BINASA di tujukan untuk para tentara zionis israel yang telah membantai rakyat palestina dengan berbagai senjata dan tipu dayanya! sedangkan intelektual frontal adalah tentang orang orang pintar di gedung DPR yang semakin hari semakin miris kelakuannya.yup,kami senang menulis dengan tema itu tapi dengan kata kiasan yang lebih keji.

Trus bagaimana Menurut CADAVER tentang Perkembangan Indonesian Death Metal untuk 5 tahun yang akan datang? apakah Kalian Optimis Scene tanah Air kita akan makin " Berbahaya " dimata Internasional dengan berkembangnya teknologi serta Informasi cepat ini?  
Deady Velo : sejujurnya tidak mudah menjawab pertanyaan ini mengingat cepatnya perubahan tren musik pada saat ini tapi setidaknya band2 hebat mulai bermunculan dari yang 'junior' sampai 'senior' yang artinya persaingan semakin ketat!dan semoga 5 tahun ke depan tetap seperti ini bahkan lebih maju.optimis!


Gw pengen tau banyak tentang jakarta Scene, Apakah Death Metal Movement (Khusus-nya) bakalan tumbuh subur di Scene ini? Mengingat Kiprah CADAVER sendiri dapat menjadi Angin segar bagi Band lainnya. Kasih Rekomendasi Dong Tentang Band-band ini untuk dikenalkan lebih Intensif Eksistensinya..
Deady Velo : beberapa band jakarta yang patut di waspadai namun mungkin luput dari media menurut saya adalah SICKEN ABROGATION,EFFIGY,SINE ANIMA,PSYCOTRON,KUJANG RAMPAK,mereka semua berbahaya ! dan tentu saja masih banyak lagi..

Tentang Planning yang akan datang dari CADAVER ?
Deady Velo : sementara kami akan promo album dan mudah mudahan juga launching bisa terlaksana walaupun sederhana,membuat materi baru,dan melakukan introspeksi dan inovasi di tubuh CADAVER dalam segala hal.

Thanxs sebelumnya ada Waktu buat Menjawab Interview ga penting ini hahahah ... dan Kata2 terakhir CADAVER untuk mengakhiri interview ini ??
Deady Velo : thanks untuk mr herry sic dan LOST IN CHAOS atas kesempatan interview berbahaya ini,dan jangan lupa untuksemuametalheads di manapun berada pastikan kalian memiliki album perdana CADAVER 'The world under terror' yang di rilis via EASTBREATH records! di jamin gak akan nyesel.. ! grab it fast!  

BACA JUGA Cadaver - The World Under Terror CD 2014 (Klik Cover untuk membaca)

http://www.review.lostinchaos.com/2015/03/cadaver-world-under-terror-cd-2014.html



Posting Komentar

0 Komentar