ABHIRA Interview (Jakarta, Indonesia)


* diambil dari materi LOSTINCHAOS Mediazine edisi cetak issue # 29 (dibuat tahun 2015)

Well, Kita segera Mulai Wawancara kecil ini dengan Apa Khabarnya ABHIRA Hari ini? Ada Aktifitas barukah disitu ?
Abhira : Very good hehe, aktfitas kami masih seperti biasa bro briefing dan latihan

Sebelumnya, Sukses telah dimuntahkannya Debut Full Album pertama ABHIRA " Itihasa Purushartas " via Brutal Infection Records, Ini adalah Penantian terpanjang bagi ABHIRA sejak mendedikasikan sebuah Eksistensi. Album yang menjadi Luapan Enerji paling membakar bagi Musikalitas Death Metal yang Gelap, Cepat dan Melodius. Bagaimana ABHIRA Menandai Kegembiraan atas semua ini? Bagaimana Respon pertama Kali ketika " Itihasa Purushartas " dirilis?
Abhira : Kami sangat excited tentunya karena dengan usaha total yang kami berikan album ini terbayar sudah dengan rilisnya album pertama kami Itihasa purushartas. Tentu semua band pasti ingin mempunyai bukti fisik dari karya yang mereka buat, dan kami Abhira akhirnya bisa memberikan bukti fisik karya kami kepada metalhead khususnya penggila musik death metal di Indonesia maupun di dunia yang kami harap dapat menikmati suguhan kecil kami, hope you’ll enjoy it too!

Disaat Scene tanah Air harus terdoktrin dengan kharakter Death Metal yang terlalu " Stereotype ", Syalut banget ABHIRA Secara lebih berani lagi menawarkan Konsep Jahat yang menambah Referensi jika Death Metal tidak hanya Menawarkan sesuatu yang Berat dan Cepat saja, karena Bagi Gw namanya " Unik " dan Berani melawan persepsi adalah sesuatu yang Excited ! Apakah karakter Musikal " Itihasa Purushartas " memang sudah ABHIRA Persiapkan sedemikian rupa tanpa terkontaminasi dengan Pengaruh yang ada?
Abhira : Menurut kami musik death metal adalah musik cerdas, hampir semua band death metal didunia dan di tanah air memiliki konsep musik dan lirik yang dipikirkan secara matang. Setiap band pasti ingin memberikan sesuatu yang berbeda dalam membuat konsep/ karakter musikal mereka, nah itu juga yang kami lakukan dimana kami bisa bergerak bebas ke arah mana music Abhira ini akan kami bawa. Karena kami berempat pasti punya masing - masing influence yang berbeda tapi juga berbeda bukan berarti kami harus menanggalkan identitas dari roots death metal itu sendiri. Soal masalah death metal yang stereotype ditanah air kami kembalikan lagi kepada pendengar, karena itu semua persepsi para pendengar, yang jelas konsep, tema serta struktur musik yang kami usung sudah kami persiapkan secara matang dan kami berusaha memberikan sesuatu yang berbeda but if we can successfully challenge that stereotype, it was great.


" Itihasa Purushartas " materi serius dengan tema Hindustan yang banyak mengangkat cerita Epik kepahlawanan seperti Mahabharata, Nilai-nilai Agama Hindu, Mitologi dan berbagai petunjuk lainnya. sebenarnya apa yang membuat ABHIRA konsis dengan Opsi tema ini? Apakah saat ini Tema tentang Kematian, Darah, Perang, Sosial serta Pembunuhan sudah menjadi hal yang Mainstream atau ABHIRA memang menginginkan sesuatu yang lebih berbeda ?
Abhira : Ya, kami memang mengambil tema yang berbeda dalam hal mengemasnya, kami mengangkat tema karya sastra kuno yaitu kisah mahabarata karena dari nama pun "Abhira" merupakan sebuah kerajaan dalam itihasa mahabrata yang berada dilembah sungai saraswati. Kembali lagi dalam tema yang kami ambil, didalam itihasa purushartas pun mengangkat tentang kematian, pertumpahan darah, dan sosial yaitu perang baratayuda antara pandawa dan korawa yang tamak dan licik, mungkin cara kami mengemasnya dalam cerita kuno mahabarata yang membedakan dan bukan berarti kami tidak mengangkat tema tersebut, dan kami juga mengemasnya dalam konteks purushartas atau tujuan hidup manusia dalam Hindu yang merupakan kepercayaan pada masa itu yaitu dharma (kebajikan), artha (kekayaan/harta), kama (keinginan), hingga yang tertinggi moksha (kebebasan). Misalkan dalam medan perang pasti banyak pertumpahan darah, banyak prajurit yang gugur dimedan perang, tapi bagi prajurit dalam kisah mahabrata membunuh musuh di medan perang merupakan pengabdian yaitu dharma/kebajikan, dan sampai yang tertinggi moksha yang merupakan kebebasan dari kehidupan duniawi. Dalam tema ini kami membahas purushartas didalam kisah mahabrata yang merupakan tujuan hidup manusia.

Bagaimana Untuk Penulisan Lirik lagu seperti ini tentu ada sumber yang terpercaya mengingat tema Kolosal tentang karya sastra kuno yang berasal dari India, Mahabharata sudah sangat Mendarah daging dalam Kehidupan Bermasyarakat Tanah Air hingga dunia mengenal-nya. Adakah Kesulitan yang ABHIRA Jumpai ketika Menulis-nya?
Abhira : Kesulitan tentu pasti ada dimana disaat kami mencari refrensi dari segala sumber juga buku, dan si serba ada internet haha, hingga waktu pengerjaan yang terbatas dikarenakan setiap personil mempunyai kesibukan masing-masing diluar band. Didalam penulisan lirik ini kami juga dibantu oleh rizkia al gifari/uci dari karnak.


Menurut ABHIRA, apakah arti yang terkandung sebenarnya dari " Itihasa Purushartas " itu sendiri sebagai sebuah Pemahaman yang ABHIRA Ketahui?
Abhira : Pemahaman kami tentang itihasa purushartas itu sendiri adalah dalam kisah mahabarata terdapat nilai nilai purushartas yaitu dharma artha kama dan moksha dimana itihasa mahabrata merupakan karya sastra kuno secara garis besar menceritakan perselisihan antara pandawa dan kurawa yang berujung pada perang baratayuda yang berlangsung selama 18 hari, sedangkan purushartas menurut kami adalah gimana cara manusia untuk menjunjung tinggi dharma, serta menggunakan artha dan kama dengan dasar dharma untuk mencapai moksha.

Track Lagu di Album " Itihasa Purushartas " seperti menjadi Sekuel perjalanan dari Kisah Mahabharata menurut Alur Kronologi-nya, Apakah pada Fase ini penulisan Lirik harus menjadi " Soul " tersendiri pada Proses Aransemen Musik ? atau mungkin ABHIRA hanya terlalu fokus dengan pengerjaan Komposisi lagu, karena pattern Vokal Akhirnya pada konsep ini hanya sebatas Emosional kah ? dan bagaimana tentang Kesulitan yang terjadi ketika semua ini sedang berlangsung proses Pengerjaannya?
Abhira : Dalam hal ini kami berusaha menyatukan antara lirik yang tersusun seperti sekuel epos mahabarata dengan aransemen serta elemen musik Abhira, dimana kami berharap para pendengar bisa merasakan soul lirik dari setiap lagu. Buat kami bisa dibilang jiwanya itu terdapat di aransemen musik dan raganya ada di lirik setiap lagu, karena lirik itu kongkrit dan jelas sehingga atmosfir musiknya dapat dirasakan pada setiap aransemen music yang kami buat. Ini tentu sulit karena menyatukan lirik dan aransemen musik bukan suatu hal yang mudah.


Terus bagaimana ABHIRA dapat mendeskripsikan Empirik " Itihasa Purushartas " menjadi Masterpiece yang tidak akan terlupakan bagi Death Metal Fans
Abhira : Di album Itihasa Purushartas ini tema yang kami ambil merupakan karya sastra kuno mahabarata dan kalian juga akan merasakan atmosfir karya sastra kuno tersebut disetiap lagu didalam album Itihasa Purushartas ini.

Proses Penggarapan " Itihasa Purushartas " menjadi bagian yang paling melelahkan bagi ABHIRA, karena khabar yang Gw dapat, Hampir semua Member terlibat dalam Proses Pengerjaan Mixing hingga Mastering-nya, Especially buat Drummer Ichal Tofandi yang Akhirnya telah Membuat solusi mengejutkan atas kegalauan ABHIRA. Sehingga Gw pengen tau letak Klimak Kepuasan kalian untuk " Itihasa Purushartas " ini sejauh mana ?
Abhira : kepuasan yang kami dapat didalam album ini karena memberikan usaha total dalam proses pengerjaan album ini, dengan segala keterbatasan yang ada kami berusaha untuk memberikan yang maksimal untuk album ini dengan hasil yang terbaik yang dapat kami berikan, dan kami berharap album ini layak didengar untuk seluruh pecinta musik metal.

Apakah Konsep seperti ini nantinya bakalan terus ABHIRA Pertahankan untuk materi selanjutnya?
Abhira : untuk masalah roots kami akan tetap mengusung death metal/black metal sebagai roots awal, tetapi jika untuk urusan konsep materi kami akan terus berkembang sehingga pematangan konsep music abhira akan lebih baik dari sekarang.

Jelas memerlukan Mood & Emosional tersendiri untuk mengkomposisi Harmoni gelap dan Mencekam untuk setiap Lick " Itihasa Purushartas ", Bagaimana ABHIRA Melakukan ini semua? Rutin Rehearsal ? Briefing Konsep ? atau ada Hal-hal Sistematis yang mudah Bagi ABHIRA untuk Kemudian Memanajemen Kesulitan ini?
Abhira : kami mengonsep struktur pada album itihasa prushartas selama 2 tahun jelas membutuhkan energi, mood, serta emosi hingga penggarapan album ini selesai,  sebelum kami mengonsep album ini menjadi seperti sekarang banyak sekali konsep yang ingin kami angkat (seperti dua lagu dalam promo abhira yang pertama kami mengangkat perang salib) setelah memilih dan mempelajari akar kebudayaan Indonesia yang lekat dengan peradaban kerajaan-kerajaan hindi kami memutuskan untuk mengambil konsep itihasa purushartas ini walaupun rehearsal tidak secara rutin kami lakukan salah satu cara mengurangi kebuntuan dalam membuat konsep ini kami melakukan kontak melalui media sosial, tahap finishing materi pada album ini kami melakukan live track untuk evaluasi materi tersebut.

Lalu Bagaimana ABHIRA Menyebut Konsep Musikal di " Itihasa Purushartas " dengan 5 Kata Saja !
Abhira : Deathmetal with simplistic blackmetal riffs.

 
Trus bagaimana Menurut Elo sebagai seorang Metalhead yang Care melihat Perkembangan Indonesian Death Metal untuk 5 tahun yang akan datang? Apakah Elo menemukan sendiri perkembangan yang begitu pesat tentang sikap dan dedikasinya jika Elo mau membandingkan dengan 10 Tahun yang lalu jika dilihat pada perkembangan teknologi serta Informasi secepat & sebebas ini?
Abhira : perkembangan musik metal sekarang menurut kami sangat berkembang pesat karena sekarang informasi lebih mudah didapat dibanding 10 tahun lalu, dedikasi para pecinta musik metal semakin tinggi dengan banyaknya band yang lahir, label, zine, distro, dan juga minat para pecinta musik metal dalam membeli karya fisik sebuah band menurut kami meningkat, mungkin untuk 5 tahun ke depan akses untuk pecinta musik metal akan semakin luas lagi dibanding sekarang dan perkembangan Indonesia Death Metal akan semakin canggih lagi.

10 Album Death Metal Inspiratif luar biasa Sepanjang masa yang secara tidak langsung telah mempengaruhi Musikal ABHIRA sendiri ?
* Morbid Angel - Altar of Madness
* Cannibal Corpse -Tomb of the Mutilated
* Deicide - Legion
* Suffocation - Effigy of the Forgotten
* Malevolent Creation - Retribution
* Belphegor - Lucifer Incestus
* Behemoth - Demigod
* Nile - Those Whom the Gods Detest
* Hour of Penance - Paradogma
* Calm Hatchery - Sacrilege of Humanity

Planning Terdekat ABHIRA saat ini? Persiapan Promo Tour? Video Clip?
Abhira : Planning dalam waktu dekat ini kami berencana untuk melakukan promo tour dan ada rencana juga untuk membuat video klip. semoga itu semua berjalan dengan lancar amin...dan untuk kedepannya kami akan terus berkarya dan tetap berjuang dalam scene ini, Karena kami mempunyai keinginan bermain di dalam musik death metal hingga hari tua nanti, kami harap musik ini akan terus ada hingga nanti.

Thanxs Banget untuk meluangkan waktu sejenak menjawab Interview konyol ini, dan Luapkan Kebencian Kalian untuk Mengakhiri semua-nya. Great Respect for Long live Death Metal !!!
Abhira : Listen to death metal and black metal music or go fuck yourself !!! Long live death metal !!! sukses terus untuk LOSTINCHAOS Mediazine...

* BACA JUGA Abhira - Itihasa Purushartas CD 2015 & Promo CD 2014 (Klik Cover untuk membaca)

http://www.review.lostinchaos.com/2015/03/abhira-promo-cd-2014.html
http://www.review.lostinchaos.com/2015/06/abhira-itihasa-purushartas-cd-2015.html

ABHIRA Official Information

 
https://www.facebook.com/abhiradeathmetal
https://twitter.com/Abhira_DM
https://www.reverbnation.com/Abhira



Posting Komentar

0 Komentar