VALERIAN Interview (Surabaya, Indonesia)


OMG, " Stardust Revelation " debut Suprised which Separates it Strongly from Melodic Power Metal making it a much more Varied Epic and Atmospheric album ! satu kata pertama untuk full album gress Surabaya punya, " AWESOME ! ". memang sudah sejak awal terbentuk, VALERIAN telah melepaskan panah perkasa di Power Metal Genre dengan sentuhan yang serba Melodius dan Epic sekali saat Gw mencicipi lebih dulu EP " Dawn of New Hope " dari tahun 2009, meski mengalami keterlambatan karena alasan Klasik, debut perdana tersebut udah bikin Gw falling in love mendadak dengan konsep yang mereka tawarkan. is a Pure Epic Adventure, a heed to song Structure or normal Components like Symphonic riffs and melodies, forging ahead by dint of Atmosphere. memberi kharisma peran Harmonisasi musikal yang tertata lebih rapi diantara Mood dan Emosional dengan Ekspektasi menantang ! ... Apakah Gw Berlebihan? Tidak ! Valerian memang bener bener memberikan Sentuhan Cerdas lewat partisi Gramatika nada yang mungkin sanggup memberi sebuah pengalaman berbeda. Meski Gw sendiri belum dapat menjelaskannya secara detil, apa yang tersaji secara Musikal disini, setidaknya bakal mengubah cara pandang elo tentang Komposisi Indah musik meski dimainkan dalam Tempo yang cepat. Still Continues for more than an Forty Minutes and often requires attention to the Subtleties of the music, More interesting than great ! Movement genre yang sangat menekankan pada Pola Skill serta Kualitas Musisi dalam menciptakan Aransemen mempesona, tetap membawa ragam dinamika Musik Cadas, apalagi Invasi musik berat saat ini (Baca : Death Metal .ed) seperti tengah kuat Mendominasi, Power Metal Genre sebenarnya tidak mengalami Pasang surut berarti pada perkembangan selain kita saja yang kurang memperhatikan Geliat-nya. Now, Valerian hadir menambah hangat dengan Struktur musik lebih Tajam menantang dengan Talenta yang dibentuk. " Stardust Revelation " adalah Produk final setelah menjalani Proses Tempa panjang menjadi sebuah Mahakarya terbaik ditahun 2016 ini. This is a Amazed masterpiece and I would very Recommend this Album Immediately to anyone that is into the Glorious Melodic Power metal.

Hell-O apa khabarnya VALERIAN camp hari ini?
Luarrr biasa keadaan kami saat ini, penuh dengan semangat dalam menjawab interview dari LOSTINCHAOS

Masih akan lebih Bersahabat memulai interview dengan pertanyaan klasik yang masih wajib en juga membosankan kalo jika selalu dimulai dengan ini hehehe,certain historis singkat serta konspirasi terbentuknya band ini.biar lebih akrab aja dengan Metalhead Fans yang mencari info band pokoknya hehehe…
Valerian terbentuk di desember 2014, dimana awalnya terdiri dari Dimas,Verrel,dan edo… awalnya kami masih berganti-ganti personel hingga pada 2006 Daniel dan Harman berurutan join dengan kami dan sejak itu pula kami mulai berinisiatif membuat lagu sendiri dimana Lagu pertama dari kami adalah “FORSAKEN” ,seiring perjalanan waktu maka kami terus berinisiatif membuat karya hingga pada akhirnya tahun 2008 Formasi hingga saat ini lengkap dengan masuknya Ridwan, setelah lengkap akhirnya proses album kami pun juga rampung dengan Rilisnya EP “Dawn Of New Hope” secara independent.


Congratulation! Full Album Pertama “Stardust Revelation” telah dirilis, sebuah mimpi panjang! Full Album Pertama “Stardust Revelation” telah dirilis, sebuah mimpi panjang yang lunas terbayar ditahun 2016 ! dan bagaimana sejauh ini dengan respon yang diterima dari penikmat music tetap bagus atau kebalikannya? Masih adakah respon negative yang mungkin VALERIAN terima untuk  “Stardust Revelation” ini?
Thank you banget atas ucapannya, kalo di bilang mimpi memang iya tapi bukan mimpi panjang juga .. hehehe … karena kita lama dalam proses pengerjaan baik dari lagu, lirik dan lainnya adalah yang membuat album ini sempat beberapa kali tertunda perilisannya. mengenai responnya sungguh sangat luar biasa sebagai bukti saja, secara fisik per april ini kami memperoleh data dr Interlude Records CD yang tersisa hanya di kisaran 100-125 PCs dari 500 pcs yang di produksi, sedangkan didata digital kami penjualan digital dan streamingnya mencapai 4500 streaming serta kami menjadi satu-satunya band dari asia yang masuk playlist resmi “ Might&myth : Power Metal ” dari Spotify. Dan single kami " Glorious Anthem " telah di tonton lebih dari 4300 orang dalam hitungan belum 2 bulan saja. Sedangkan respon negative sejauh ini hanya beberapa orang mengatakan kami ini power metal tapi vocalnya kok raw dan bukan clean seperti biasanya, tapi bagi kami hal tersebut merupakan kewajaran yang terjadi, dikarenakan secara tradisi memang power metal adalah Clean Voice, tetapi jika kami memberikan sesuatu yang baru dan itu nge-blend dan menghasilkan suatu karya yang bagus, mengapa tidak? hehehe ...

Bagaimana Ceritanya juga VALERIAN bias ketemu n deal dengan Interlude Records (Dulu menggunakan nama Metal Force Records dan info terbarunya label ini kembali menggunakan Metal Force Records sebagai namanya, ed) sejauh ini bagaimana dengan hasil kerja kerasnya untuk “Stardust Revelation” ?
Jadi pada waktu itu kita ber enam memang sepakat untuk album “Stardust Revelation” ini kita akan mencari label untuk perilisannya, nah setelah ketemu dengan beberapa label metal dan mendapat penolakan, akhirnya Ucik dari Jakarta menawarkan untuk ikut kompilasi " Indonesia Power Metal " dan kami pun langsung mengiyakan ... dari hal tersebut akhir nya berlanjut kepada kerjasama untuk full album kami “Stardust Revelation”, dan sejauh ini kerjasama tersebut terbukti sukses sesuai yang di jelaskan di pertanyaan sebelum ini dan ini adalah kerjasama terbaik yang mungkin kami bisa dapat saat ini.


“Stardust Revelation” menurut GW adalah Materi Power Metal Enerjik dengan sentuhan melodius yang kental, sehingga GW Pengen tau lebih banyak tentang proses penggarapannya. Apakah ini sebuah materi pertama yang telah menguras konsentrasi kalian untuk bermain lebih epic dan melodius.
Proses penggarapannya memang secara keseluruhan di album ini cukup mendetail dan kami lakukan proses secara perlahan untuk menghasilkan karya yang ketika mendengarkannya tidak akan bosan dari track 1-10, bahkan beberapa track kami aransemen bukan Power metal style tetapi lebih heavy metal, namun dalam penggarapannya hasilnya memang menjadi lebih Melodius dan epic dimana karya yang epic dan melodius itu dapat kami anggap sebagai “Roots” kami ... hehehe

Apakah VALERIAN puas dengan Hasil Final “Stardust Revelation” secara keseluruhan?Jika belum, pada bagian mana saja yang ingin kalian perbaiki kedepannya?
Secara keseluruhan kami cukup puas dengan album “Stardust Revelation” di karenakan secara materi dan respon cukup baik, namun sebagai sebuah band kami belum cukup merasa puas, dikarenakan so far this is the best we can give, karena terbatasi 10 lagu saja maka sejauh ini baru ini yang dapat kami berikan. jadi tetap stay tune kabar kita untuk next album ya :-D


Lalu Bagaimana jika VALERIAN sedikit membandingkannya dengan materi EP “ Dawn of New Hope”? apakah “Stardust Revelation” selangkah lebih menantang dan enerjik bagi skill member band?
Secara Sound dan Recording kami bisa katakan memang kami beberapa langkah lebih maju di banding EP “Dawn of New Hope” di karenakan Proses rekaman kami telah menjadi lebih “Mature” dalam pengetahuan dan juga teknik-teknik recording, Namun ketika berbicara mengenai komposisi lagu,kami tidak berubah,kami hanya menambahkan beberapa eksplorasi yang belum kami berikan di album EP “Dawn of New Hope”, seperti menambahkan Female Voice dan intro bernarasi, dan dari segi teknik/skill memang kami selalu berkeinginan mendorong masing-masing pribadi untuk dapat mencapai batas atas dari kemampuan personal, dari materi-materi yang kami berikan, salah satu bocorannya adalah di Track “Elegy of The Unspoken Words” kami mecoba untuk menaikan lagi nada vocal pada refrain terakhir, yang mana hal tersebut secara teknik jika dilakukan tanpa falsetto akan menjadi sebuah tantangan untuk mecapai peak performance dari Ridwan ... hehehe

Lagu “Stardust Revelation” Sebelumnya sudah banyak dikenal sejak dikenalkan lewat kompilasi Indonesian Power metal, apakah lagu tersebut memang rekaman lama dan telah direkam ulang pada album ini? Dan apakah “Stardust Revelation” bagi kalian memiliki sebuah kekuatan besar sebelum akhirnya menjadi opsi Titel Full album pertama ini?
Lagu ber-title " Stardust Revelation " memang merupakan single yang kami keluarkan pertama karena kami ingin pendengar mendapatkan sesuatu yang totally different dari album EP kami lewat nada catchy dan backing voice female nya, lagu tersebut lagu yang antara di Kompilasi " Indonesian Power Metal " dengan yang di “Stardust Revelation” hanya ada beberapa instrument yang kami retake ulang untuk menyesuaikan dengan sound yang ada di album kami keseluruhan, mengenai title album kami “Stardust Revelation” hal itu memang kami rencakan di karenakan Makna yang terkandung di dalamnya yaitu sebuah Debu bintang Wahyu/pencerahan yang mana kami berkeinginan untuk dapat menjadi Debu bintang Wahyu/pencerahan bagi pecinta/penikmat/pendengar/pelaku scene Power Metal dan juga industry music cadas tanah air.


Sebenarnya apa saja yang VALERIAN tawarkan di “Stardust Revelation” dengan banyak mengangkat tema Fantasi,tantangan hidup dan epic kolosal sebagai konsep lirik. Apakah Drummer Verrel merasa paling bertanggung jawab pada penulisan lirik lagunya?Lalu bagaimana dengan Ridwan Vincentius sendiri sebagai Vocals?
Sebenarnya konsep lirik yang kami tawarkan sebagian besar merupakan tentang Daily Life, Struggle in life, never surrender, Chasing Dream serta tentang kehidupan sehari-hari lainnya, karena kami tidak ingin memberikan sesuatu yang sudah umum, we want to be different ... hehehe memang hampir semua lirik di tulis oleh Verrel, namun kami ingin memberikan sesuatu yang berbeda dengan mencoba penulisan lirik selain oleh verrel, hal itu dapat dilihat pada track “Heroes Land Odyssey” yang mana di tulis oleh Daniel dan berisikan tentang perjuangan pahlawan di Surabaya. Dan untuk Ridwan memang bukan hal yang tidak mungkin kedepannya kami berenam menulis lirik juga, namun peranan ridwan yang paling penting adalah ketika merubah lirik tersebut menjadi sebuah nada yang berkarakter itulah yang juga memberikan kami warna tersendiri di banding band dengan music sejenis.

Apakah VALERIAN tidak tertarik untuk mengangkat budaya negeri Indonesia yang lebih kaya juga akan nilai Epik Historisnya?
Sepertinya tidak untuk saat ini di karenakan kami Tidak Experts dalam hal knowledge historis Indonesia dan juga seperti yang sudah kami sampaikan “ We want to be different ” karena selama ini band power selalu identik dengan tema fantasi, kerajaan dan cerita-cerita epic kolosal lainnya. Kami hanya berusaha menyampaikan suatu semangat-semangat bagi orang yang mendengarkan karya kami untuk Selalu Berjuang meraih semua mimpi dan Never surrender.


Dan yang ingin VALERIAN sampaikan di lagu " Glorious Anthem " ? apakah tepat Menurut VALERIAN mengusung Tema tersebut untuk tergambar di Video clip ?
Message yang ingin kami sampaikan di Lagu “Glorious Anthem secara garis besar adalah Never Surender For Chasing Your Dreams, Nah hal itu dapat dilihat dari penggambaran model yang melepaskan kepenatan dalam pekerjaan dengan bermain music yang mana memang merupakan sesuatu yang sebenarnya impiannya dan menemukan kebahagiaan setelah memainkan musik lagi.

Untuk mengkomposisi Power Metal Konsep dengan balutan kental Elemen Melodius dan Epik Atmospheric, apakah Bagi VALERIAN Harus Menghadapi tantangan tersendiri mengingat Konsep yang kalian Mainkan masih belum begitu besar di Scene Tanah air. Gw mendengar Karakter Vocal VALERIAN mungkin berbeda dengan Kebanyakan pengusung Genre ini, Karakter Vocal Ridwan Vincentus lebih Harsh (not Clean) meski memiliki Octaf yang tinggi, seperti lumayan mengingatkan Band dengan Genre Melodic Death Metal. apakah ini sudah sejak awal VALERIAN rencanakan sesungguhnya?
Sebenarnya kami memang menghadapi tantangan di karenakan kami mungkin harus berusaha lebih keras untuk dapat diterima menjadi bagian dari music metal tanah air di banding scene music yang tengah besar/trend di Indonesia, namun hal tersebut memang bukan prioritas kami, di karenakan kami hanya memainkan music yang kami percayai sebagai yang terbaik yang dapat kami berikan dan kami berterima kasih sekali kepada semua metalhead yang telah menaruh perhatian dan mensupport kami. Mengenai karakter vocal kami memang tidak merencanakannya namun kami hanya ingin mengeluarkan yang terbaik dari tiap person dan memang mungkin vocal adalah salah satu pembeda kami di banding yang lain ... hehehe


Bagaimana sebenarnya Kalian meng-komposisi dan Aransemen materi lagunya. apakah masih dengan Konsep seperti pada Umumnya saja atau ada Trik2 " Khusus " yang pengen kalian bagikan kepada Temen2 band laen ? Lalu Siapa saja yang Paling dominan Mengkomposisi hampir keseluruhan Lagu dalam " Stardust Revelation " ?
Sebenarnya bocorannya adalah salah satu dari kami membuat konsep dasar lagu kemudian kami diskusikan bersama pada saat berkumpul dan kami aransemen bersama namun berdasar pada pondasi yang telah dibuat, setelahnya baru lah lirik dan aransemen vocal kami buat. mengenai siapa yang paling dominan kami rasa semua berperan luar biasa dalam porsi masing, sebagai bocoran di album “Stardust Revelation” terdapat 4 Pencipta lagu, yaitu Dimas, Daniel, Harman dan Verrel. Namun tidak menutup kemungkinan di album berikutnya Ridwan dan Edo juga berperan serta.

Bongkar juga Standard Equipment Minimal yang VALERIAN perlukan dalam Proses rekaman dan (Mungkin) kebutuhan panggung ? apakah Sound " Stardust Revelation " ini Bakalan jadi " Paten " untuk materi2 selanjutnya mungkin ? 
Mmmm..Equipment yang kami gunakan? Standard sih ... hehe untuk Recording kami tidak menggunakan yang berlebih hanya seperti Drumset yang di mic, Gitar dengan Head Cab dan juga direct signal, bass Dengan direct signal, untuk Keyboard/synth kami menggunakan Midi Controller bahkan juga untuk beberapa orchestrasi nya, untuk Vocal juga seperti standarnya. Mungkin yang membedakan adalah kita melihat detail dari hasil nya, ketika hasilnya masih kurang baik kita akan lakukan retake, bahkan sampe habis 4 Studio recording ... hahaha kalo untuk kebutuhan panggung, standar juga kok, hanya drumset sesuai riders, 2 buah Amplifier Gitar, amplifier bass, amplifier keyboard dan 4 mic Vocals dan jika memungkinkan sedikit beer ... hahaha dan ini juga bukan jadi jaminan menjadi paten kami kedepan, karena teknologi berkembang dan juga kami selalu bereksplorasi dalam music yang kami mainkan.


Sekali lagi Hail Salutes sekali untuk Penulisan materi " Stardust Revelation " ini seperti telah menguras Konsentrasi, Fikiran dan Enerji member band. dalam Referensi Musikal, Band2 mana yang telah menjadi " Racun " Fanatis bermusik VALERIAN Menjadi lebih Terdengar European Melodic Power Metal??
Terima kasih banyak atas pujiannya, untuk “Racun” nya kami rasa band seperti Firewind, Nightwish, Stratovarius, Iron Maiden, Judas Priest, Dissection, Kamelot, Dio, Ozzy, Primal Fear, Children Of Bodom, Avantasia dan masih banyak lagi … hehehe

Trus bagaimana Menurut VALERIAN tentang Perkembangan Heavy/Power Metal Tanah air untuk 5 tahun yang akan datang? apakah VALERIAN Optimis, jika Scene kita masih Menjadi ladang yang subur untuk perkembangannya seperti beberapa tahun yang lalu ?
Kami Rasa beberapa tahun terakhir scene Heavy/Power Metal semakin berkembang, bahkan mungkin akan semakin massif, karena semua itu seperti lingkaran trend yang selalu berubah dan akan kembali lagi. Hal ini dapat dilihat dari beberapa Metal festival major di Indonesia yang mulai di serbu band dengan music Heavy/Power.

10 Top Album Melodic Power Metal terbaik Yang Bikin VALERIAN fanatik Saat ini dan Selamanya !
Kurang lebih inilah album yang bikin kami Fanatik untuk saat ini dan selamanya, tapi kebanyakan bukan dari Melodic Power Metal ... hehehe

* Iron Maiden - Powerslave
* Helloween - Keeper of The Seven Keys Part II
* Dio - Holy Diver
* Firewind - The Premonition
* Nightwish - Wishmaster
* Judas Priest - British Steel
* Riot - Thundersteel
* Kamelot - Karma
* Stratovarius - Infinite
* Avantasia - The Metal Opera Part II


Tentang Planning yang akan datang dari VALERIAN ?
Planningnya terdekat kami akan melakukan rangkaian Tour Promo album yang telah dimulai Awal April kemarin, mulai mempersiapkan konsep Music Video kami yang kedua dari album “Stardust Revelation”, jangka panjang kami mungkin dalam tahun depan akan kembali masuk studio untuk album berikutnya yang semuanya masih surprise untuk kalian semua ... hehehe

Sukses untuk " Stardust Revelation ", Thanxs sebelumnya ada Waktu buat Menjawab Interview ga penting ini hahahaha... dan Kata2 terakhir VALERIAN untuk mengakhiri interview ini ?
Kami Berterima kasih atas kesempatannya kepada LOSTINCHAOS atas Interviewnya yang mengasyikkan ini ... hehehe Terima kasih atas supportnya and Hope the Glorious Life for All of you !!!

VALERIAN Official Website Information

http://www.valerianband.net
http://www.facebook.com/valerianband
http://www.reverbnation.com/valerianband
https://twitter.com/ValerianBand

CHECK VALERIAN " Stardust Revelation " LOSTINCHAOS REVIEW BELOW (Click Cover)

http://www.review.lostinchaos.com/2016/04/valerian-stardust-revelation-cd-2016.html

LOSTINCHAOS INTERVIEW

semua tulisan disini adalah Hak Milik LOSTINCHAOS Mediazine yang Free for Share cukup hanya dengan mencantum-kan Source Interview link-nya. tulisan disini dibuat dengan jujur tanpa tendensi apapun. saran, kritik dan caci maki, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini, Keep Metal Flame till' die !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanxs for read this Interview, Please Leave some Comment for this ... :)