Interview dengan Halim Budiono tentang LEFTYFISH (Jogjakarta, Indonesia)


Begitu banyak ide dan emosi bertentangan hebat dalam sistem saraf ketika mendengarkan musik ini, sekejab pula Gw Sadar, Gw tidak dapat menahan Komplikasi perasaan terkejut ini dari apa yang Gw dengar! Embraced the Aesthetic of the New Wave ! The Cacaphony is Interspersed with Snippets of Cliched, Calculted Insincerity It is that Strange Post-Modern Phenomenon when irony turns back in on itself and becomes Sincerity. In a chaotic world that is only becoming more and more so, Truly Nihilistic art can strike a Sentimental chord! Emosi yang terlepas dari Katup penahan, rasanya tidak bakal mampu membendung Kegilaan Ekspresional, dan canggihnya, jika Kita dengan lebih tenang mendengarkan, rasanya pula kita tidak akan mendustai, jika Harmonisasi tetap menjadi Dasar sentimental, karena jika tidak, kita cuman akan mendengar Adrenalin liar yang lepas kendali saja. sejak cukup lama menghilang, Gitaris paling Chaotic ide dan Tabiatnya, Halim Budiono-nya Cranial Incisored bikin ulah lagi dah ! setelah sebelumnya memulai Band Hephaestus, Nampaknya belum mampu menghentikan kegilaannya ketika Halim memulai Proyek sinting sebagai mainan barunya, LEFTYFISH ! meskipun buat kalian yang sempat mendengarkan Cranial Incisored dengan Ide-ide Gilanya, tentu bakalan ter " Cuci Otak " nya lagi dengan konsep Krusial stress-nya. buat yang belum terbiasa dengan typical begini, ada baiknya elo coba lebih Openminded lagi sebelum mendengarkan tune abnormal seperti yang sudah dikenalkan Melt Banana sampai Naked City. dengan Disonansi yang Noisy banget, salah satu kelebihan berikutnya, dengan Konsentrasi yang cukup untuk menikmati setiap Progres berisik, Konseptual si-Ikan Kidal ini perlahan terdengar makin Catchy dengan pembawaan emosional yang meledak-ledak ! entah bagaimana Halim Budiono masih memiliki Obsesi yang Idealis ketika memulainya dengan " You, Fish " menjadi perpaduan Destruktif Riff super kacau antara Chaotic Math-core Type dengan Tiupan teratur Saxophone dan Teriakan Lepas Vokalis Imut nan Liar Ayu, seketika telinga awam bakalan merespon " Busyet Musik apaan nih??? ", Wait ... kayaknya Argumen elo ga serta merta menyimpulkan sesingkat itu coy, Karena ini adalah Eksperimentasi tune ga wajar yang menyiksa Indera. dan kali ini Gw berhasil melakukan Interogasi terpisah langsung dengan Gitaris Halim Budiono untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang Gw Sodorkan lewat Email beberapa waktu lalu, Enjoy Read it !

Sukses sebelumnya dengan debut berani LEFTYFISH untuk " You, Fish "-nya, sebuah Cuci otak yang sangat berani ketika Scene Kita terlalu disuguhi komposisi yang seperti kebanyakan lainnya. dengan enerji yang rasanya bukan hal meledak-ledak lagi kalo Aransemen musik LEFTYFISH seperti bentuk kegilaan lepas kendali. sejauh ini bagaimana respon yang didapat sejak melempar " You, Fish " ini ke Publik?
Halim : Respon bermacam-macam, banyak yang lucu-lucu kok, dari yang minta diteriakin vokalisnya, sampai menyebut band konyol yang patut dilestarikan. Semua jadi bikin energi tambahan untuk album ke depan. So far positive, dan saya mewakili teman-teman sungguh berterima kasih atas support dan responnya. Tidak menyangka apresiasinya bisa sejauh itu ;)

Ada Komentar Miring dan mungkin sempat bikin elo Sewot?
Halim : Tak ada ;)

Apakah Scene Kita sebenarnya mudah mencerna Konsep yang LEFTYFISH tawarkan? karena yang masih menjadi Paradigma kekinian-nya, Penikmat masih senang berada di Zona Aman dan Famously
Halim : Sebenarnya mudah kok, cuma mungkin banyak yang belum/tidak mau melakukan.  Zona aman itu malah yang banyak membelenggu musisi/bandnya, bukan di penikmat.  Penikmat itu mencerna dari apa/hasil karya musik yang dikeluarkan. Terbuktikan di luar sana banyak juga musik aneh-aneh segala macam tetap ada penikmatnya. Berarti masalah itu bukan berada di penikmat, tapi musisi/penghasil karyanya. Sejauh mana bisa menghasilkan karya yang mendorong jauh lepas dari batas aman, jadi lebih kepada kejujuran berkarya tanpa berpikir untuk mencari zona aman dan famously.


Bagaimana ceritanya LEFTYFISH bisa membuat tertarik Founder Hitam Kelam Records untuk Merilis " You, Fish "? dan bagaimana Hasil kerja nya sampai hari ini?
Halim : Ntahlah itu mas Budi (Hitam Kelam) mungkin sedang kesambet setan laut jadi tertarik ;)  Kerja sama yang baik dan kecepatan kerja seperti yang saya inginkan, fast, fast, fast;) Action, action, action!

Menggilai John Zorn dan Naked City-nya, hingga Melt Banana tentu ga semua Musisi berani melompat disana jika tidak didasari dengan Idealisme yang kuat, dan salah satu alasan terbesar elo membentuk LEFTYFISH dengan konsep seperti ini? serta bagaimana Kesulitan terbesar ketika Elo harus mencari Partner yang sepadan mengimbangi " Kegilaan " ini?
Halim : Mungkin kebetulan itu reference yang dari dulu berada di pikiran saya, jadi ntah mau berproyek dengan siapa pun, konsep different yang jadi inti bisa di dapat. Referensi-referensi yang  menginspirasi untuk selalu melakukan lebih. Partner tidak terlalu sulit, karena intinya cuma mindset yang mau maju lepas dari zona nyaman dan mau mendorong batasnya kemampuannya. Kalau sudah mau eksplor jauh dan mau 'menciptakan sejarah', ya apapun bisa dilakukan untuk selanjutnya;) ...Point terakir itu yang mungkin perlu waktu untuk mengerti.

Apakah LEFTYFISH setuju, jika menjadi perpanjangan Obsesi liar Elo ketika harus menjalani masa Vakum dengan Project sebelumnya di CRANIAL INCISORED? atau elo malah lebih Nyaman dan Menikmati bersama LEFTYFISH sebenarnya?
Halim : Semua berjalan kok, ini malah beberapa waktu lalu merilis single pertama untuk proyek yang lain lagi : Udanwatu (chronicle of udanwatu), begitu juga dengan teman-teman yang lain, Ayu yang KOJ-nya juga sedang mau merilis album, segala macam hal harus bisa terpisahkan untuk masing-masing projectnya ;)

Lalu bagaimana dengan HEPHAESTUS ?
Halim : Nah ini juga, semua berjalan dan berproses dalam pikiran, tinggal ada waktunya untuk mengeluarkan yang A, atau B, atau C. ..... Ini masalah timing / moment.

Salah satu Opsi penting ketika Elo menggunakan nama LEFTYFISH ? apakah ini hanya spontan saja? dan tentu bukan tanpa alasan jika ada Filosofi berarti dibalik penggunaan nama ini tentunya dan Gw memaksa banget elo untuk bisa menjawabnya (Harus!) hahahaha. karena penasaran banget Gw pernah membaca statemen " persetan dengan arti filosofis, nama harus unik dan tidak perlu sangar ataupun nyambung yang penting singkat, padat, jelas, fuck you " pada sebuah artikel tentang LEFTYFISH.
Halim : hahaha...ya itu alasannya : nothing ;)  ya biar bingung aja mas, kusus buat orang-orang yang mau cari arti dan maksudnya :p  Ok, akan saya ceritakan asal mulanya... jadi gini...


dan Sebenernya apa sih yang ingin LEFTYFISH tawarkan di " You, Fish " ini sejak pertama kali terbentuk? Warna Menantang? Hura-hura? Frustasi?
Halim : semua jawaban benar;) kami menawarkan jalur-jalur pelepasan yang sebelumnya tidak ada / masih jarang tereksplore. Tapi yang utama adalah : fun.

proses pembentukan karakter Unik dan Beda adalah bagian awal yang tersulit, karena LEFTYFISH harus menggandeng beberapa nama dari dunia Metal yang belum terbiasa bermain dalam hitungan ganjil. bahkan menolak lanjut ke bilik rekaman jika tak kunjung mendapatkan pemain trumpet. seberapa Jauh Ide Gila ini terjadi untuk pertama kalinya? atau elo memang sengaja menambah kesan lebih Frustasi dari CRANIAL INCISORED ?
Halim : Ide awalnya memang mau menggunakan alat tiup (trumpet, saxophone, dll). Jadi sewaktu awal baru membentuk struktur musik dari jamming dan menambah materi komposisi sampai selesai itu  memang tidak segera direkam, karena saat itu kami masih menunggu untuk trumpetnya. Kalau saat itu langsung direkam tanpa trumpet saya merasa jadi ga matang, tapi malah extremenya ke arah lain,  bukan seperti yang awalnya (saya) bayangkan, jadi "biasa". Untunglah saat itu bisa segera dapat trumpet player, dan bisa langsung eksekusi tanpa proses yang lama lagi. Jadilah EP "You, Fish!" itu.
Gambar yang awal masih nge-blur lama-lama menjadi semakin jelas...

(Pertanyaan Konyol) Tentang penulisan lagu. apakah ini masih ada hubungan-nya dengan Hobby Diving elo, seperti hal nya memanejemen Kontrol diri tetap tenang dari Perasaan Panik saat Konsentrasi penuh ketika asupan Oksigen tidak banyak ditemui didasar Air? Karena melihat permainan Riff elo begitu konsentrasi penuh menikmati Range dan Bar hitungan ganjil secara sigap dan tepat?
Halim : Bisa kalau dihubung-hubungkan;) Tapi kalau mau ditarik garis / karakter dari karya yang sudah-sudah sebenarnya semua memang mesti tenang dalam suatu kekacauan, untuk memahaminya. Setelah paham dan bisa dicerna, semua bisa dimainkan dengan mudah. Dan itupun semacam panik, kalau mengira ini rumit dan ganjil, dengarkan seksama dan detail itu semua simple dan sederhana ;)

Apakah semua lagu tercipta secara Spontan begitu saja ketika Ide itu datang secara cepat? lalu bagaimana dengan member lain untuk dapat mengimbangi-nya?
Halim : yup, spontan... (waton pancal!) nah ternyata semuanya bisa kok, dan berproses dengan cepat...!

Lirik lagu LEFTYFISH tidak terlalu Mengangkat tema yang berat untuk dicerna, penyajiannya pun masih ringan dan spontan, berbicara tentang Lirik lagu, Apa Elo masih bertanggungjawab terhadap penulisannya, atau elo Serahkan aja sepenuhnya kepada Vocalis Ayu?
Halim : ada beberapa yang saya buat, ada yang saya cuma kasih konsep dan Ayu mewujudkan, ada yang Ayu langsung bisa tulis, simple saja ;)

Lirik untuk Konsep LEFTYFISH masih memiliki peranan Penting atau cuman sebagai pelengkap saja?
Halim : penting dan melengkapi, tapi di sini mulut adalah alat musik.

Tertarik mengangkat tema lirik yang menjadi Trending Topic di Masyarakat ?
Halim : kayaknya tidak ;)

Sukses " You, Fish " apa yang bakal menjadi Komitmen selanjutnya bagi LEFTYFISH? full Album ?
Halim : Ini sedang proses menuju album, sedang mengerjakan 1-2 lagu lagi sebelum mulai take recording.

Obsesi LEFTYFISH suatu hari nanti untuk Featuring yang mungkin lebih menantang? LEFTYFISH bakal milih siapa aja untuk LEFTYFISH ajak kerjasama? musisi Mainstream mungkin?
Halim : Trie Utami, keinginan pribadi... karena dari jaman Krakatau saya mengidolakannya ;)

Planning Terdekat LEFTYFISH saat ini? Pembuatan Video Clip? Atau ... ?
Halim : Tetap gas poll untuk segera merilis lagi:p Video clip dan lainnya kalau ada itu sambil lalu aja...tapi tidak terpikir untuk sekarang...

Thanxs Banget untuk meluangkan waktu sejenak menjawab Interview konyol ini
Halim : Thanks juga sama-sama mas, sukses LOSTINCHAOS, tetap mensupport orang-orang keras kepala! ;)

 
* Some Pic Taken From WARNINGMAGZ

LEFTYFISH Official Information :

https://www.facebook.com/leftyfish
http://www.twitter.com/lefty_fish

CHECK LEFTYFISH ' You Fish ' Review LOSTINCHAOS Mediazine (Click Flyer Below)

http://www.review.lostinchaos.com/2016/01/lefty-fish-you-fish-digipack-2015.html

LOSTINCHAOS INTERVIEW

semua tulisan disini adalah Hak Milik LOSTINCHAOS Mediazine yang Free for Share cukup hanya dengan mencantum-kan Source Interview link-nya. tulisan disini dibuat dengan jujur tanpa tendensi apapun. saran, kritik dan caci maki, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini, Keep Metal Flame till' die !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanxs for read this Interview, Please Leave some Comment for this ... :)