LUMPUR Interview (Indonesia)


Answered By Putra ( Guitars ) 
Update 05 Mei 2012

Hello Boss Apa Khabarnya Nih !!
baik bro... sory lama jawabnya ya.. #piss

Ok, Ada enak-nya kita Mulai Interview ini dengan Sedikit Flesbek cerita terbentuknya LUMPUR ini beberapa Tahun silam hehehe, dan sekali lagi Pertanyaan Membosankan Gw sampaikan lagi, alasan Utama apa yang membuat Boss kasih nama Band ini LUMPUR ? apakah Boss tidak begitu greget dengan nama2 lain yang lebih " sadis " umpamanya hehehhe
Wah terlalu panjang klw di ceritaiin bos, mari kita lihat saja di biografinya ya hehehe ini ulasannya:

The long winding road through the times…!!!
Terbentuk dipenghujung 1994, tepatnya di kota Bandung tanggal 11 November 1994 mereka menamakan dirinya LUMPUR, dengan line up orisinilnya Iye, Mimi, Diki, dan Dida yang saat itu terinfluence band yang berasal dari Belanda semisal SINISTER. Mereka akhirnya pekat terkontaminasi DEATH METAL. Namun sangat disayangkan, setelah melewati banyak event, band ini dilanda kevakuman. Meskipun eksis kembali setelah beberapa bulan lamanya mengikuti event-event Underground, kondisi band makin memburuk. Mereka hanya bertahan selama satu tahun. Sejak itu Lumpur kembali di landa kevakuman karena dua orang pioneernya, posisi bass dan drum mengundurkan diri. Totally, band ini vakum selama satu tahun enam bulan Perjuangan seakan tak mengenal kata lelah. Akhirnya, setelah sekitar 3 tahun tak menentu, LUMPUR kembali merangkak aktif di-scene underground Indonesia pada pertengahan tahun 1999. Beserta line up fresh-nya dengan orang yang sudah lama berkecimpung di dunia underground, LUMPUR akhirnya mempunyai adrenaline baru seperti Kamal (Vokal), Aief (Bass), Agus (Drum), dan Putra sebagai Lead Guitar. Tidak hanya formasi anyar, konsep pun berubah haluan menjadi BRUTAL DEATH METAL dengan teracuni kembali oleh band-band luar seperti DYING FETUS, KREATOR,DEEDS OF FLESH,MALEVOLENT CREATION dll. Perkembangan tak berhenti sampai disitu saja, pada formasi ini LUMPUR sudah menghasilkan beberapa lagu antara lain Dissillutionment, Impurity, dan Premature Suffering yang sudah siap dipasarkan ke audiencenya. Tepat tanggal 6 mei 2000, Lumpur tergoyangkan kembali setelah beberapa lama eksis dijalur underground. Kamal sang vokalis saat itu mengundurkan diri dari LUMPUR karena sesuatu hal.

Praise the Lords
Kekosongan itu tidak berlangsung lama seiring masuknya Fadly si Growler dari Noise Damage pada tanggal 13 mei 2000. Meskipun mengaku untuk saat itu formasi Lumpur sangat solid dengan berpersonilkan Fadly (Vokal), Putra (Guitar), Aiep (Bass), dan Agus (Drum), ternyata perkiraan mereka salah total. Karena formasi tersolidnya baru bersua di generasi mereka yang kesembilan. Adalah Andre (Guitar) dan Dicky (Bass), prajurit metal dari POSTMORTEM yang akhirnya mendarat di band ini, dibarengi Ari (Drums) menggantikan Sinchan sepeninggal Agus, yang juga akhirnya terdampar dalam konsep musik band dengan EXPLICIT PROGRESS HYPERBLASTING-nya ini. Berkiblat ke AMERIKA, serta keranjingan band-band new school metal seperti DYING FETUS, DEVOURMENT, DEEDS OF FLESH,MALEVOLENT CREATION,DEHUMANIZED,CRYPTOPSY. mereka sepakat merombak seluruh lagunya dengan grand theme Penderitaan, Kebusukan Moral Manusia, Peperangan dan Kehancuran ke dalam gender EXPLICIT PROGRESS HYPERBLASTING. Di sekitar tahun ini mereka mengikuti kompilasi yang diadakan oleh EXTREME SOUL PRODUCTION sembari mempersiapkan lagu-lagu yang mereka niatkan untuk di-release dalam bentuk full album. Dan pada akhir 2002 album tersebut berhasil di rampungkan dan disunting oleh EXTREME SOUL PRODUCTION dengan title " Escape Your Punishment " Yang direlease pada awal February 2003 silam.Di generasi kesembilan Dengan formasi terakhir fadly (vocal), Putra (guitar), Andre(guitar), Dicky (bass), Ari bejo (drum). Formasi terakhir di tahun 2003!!! Sekarang di generasi kesepuluh ini, setelah sekian lama vakum Lumpur kembali lagi dengan formasi dan concept baru, dengan tetap mengedepankan tema : Penderitaan, Kebusukan Moral Manusia, Peperangan dan Kehancuran. Concept musik tetap dibawa kedalam gender EXPLICIT PROGRESS HYPERBLASTING!! Dengan formasi sekarang yaitu : Andry gila (Vocal), - Putra (Guitar), - Dyo (Bass), - Dawan (drum). Dengan formasi ini Lumpur sudah mengeluarkan ep terbaru “Skema Pembalasan Sempurna " yang di release direlease oleh NEW STANDARD ELITE (USA) dan HORRIBLE CREATION Musik Media Indonesia.

Lalu siapa Line Up Terkini LUMPUR ?
seperti yang disebutkan diatas itu line up nya [:D]

Sejak awal Kemunculan LUMPUR di kancah Extreme Tanah Air, Kalian dikenal sebagai Dying Fetus dari Bandung, karena Konsep dan Style band memang selalu Tampil Imej DF, hingga LUMPUR melepaskan Album Pertama " Escape Your Punishment " Via Extreme Soul Production tahun 2003, namun apa yang menjadi alasan kuat bagi Boss untuk Tidak melanjutkan lagi gaya DF dan malah selingkuh dengan DISGORGE ( California ) pada Ep " Skema Pembalasan Sempurna " tahun 2012 kemaren?
wah Selingkuh hahaha... alasannya kami lebih tertantang untuk lebih menjerumuskan diri ke brutal death, dying fetus masih sangat kental pada pembuatan riff guitar tapi sentuhan dan temponya serta technic picking yang dibedakan.. Disgorge bagi kami sangat luar biasa, mereka memainkan riff gitar dan ketukan2 drum yang sangat enerjik tanpa memberikan celah sedikitpun untuk open deept n blasting.

Apakah Style Musik DF sudah kurang begitu mewakili lagi karakter Imej Brutal Band di Scene Bandung yang Saat ini memang lagi Keranjingan Gaya Bermain Disgorge itu ? ataukah LUMPUR hanya menemukan sebuah Titik Jenuh-nya?
Hmmm saya rasa dying fetus bukan merupakan band yang bergenre brutal death. mereka band death metal maryland yang luar biasa dengan groovy2 tune nya yang membuat adrenalin berdetak kencan hmmmm... amazing. klw keranjingan dengan style Disgorge dan mengesampingkan dying fetus saya rasa tidak... semua band ingin menemukan tipikal permainannya sendiri tanpa menyontek konsep band lain. dying fetus tetap dying fetus dengan sejuta groovynya ... disgorge tetap disgorge dengan sejuta blasting dan riff2 yang tanpa celah sedikitpun tapi tetap ada memasukan unsur groovy yang membedakannya hanya pada tempo dan style permainan ( bagi saya ) untuk titik jenuh semua band pasti mengalami hal tersebut... tapi kembali lagi kepada band itu...apakah mereka mempunyai tujuan, dedikasi dan loyalitas dan tau kemana membawa arah sebuah band ( leader).

Materi Ep " Skema Pembalasan Sempurna " memang terasa in The Vein Disgorge banget, well apa sih yang sekali lagi membuat Boss memainkan Konsep ini ? adakah Terbesit untuk menciptakan sesuatu yang baru lagi suatu saat nanti begitu EP ini terlalu Dianggap Disgorge Banget?
hahhaha bisa aja Kamu .... konsep seperti ini sangat rumit apabila saya perhatikan technic permainan gitar diego sancez dan drum ricky mayer...mereka memainkan tune gitar yang tidak lurus no repeat semuanya picking riff menggunakan technic treplat piccking dan full off... mereka tidak pernah mencrossing senar gitar, down stroke, up stroke dengan nada yang lurus selalu mempunyai tune yang aneh .. ( coba simak dengan seksama ) [:D] membuat sesuatu yang baru lagi insya allah semua ingin berkembang ke arah yang lebih baik...kami hanya mencoba memainkan musik dengan apa yang kami senangi ....saya membuat tune gitar, sesuai dengan apa yang saya mau dan senangi, masalah diterima tidak diterima audience itu no 2, karena musik bagi saya adalah jiwa saya""kutipan dari "jeff loomish" ( Wawww .Ed ) masalah dianggap seperti disgorge atau tidak itu kembali kea audience .. tapi memang tidak kami pungkiri bahwa kami sangat tergila2 akan disgorge!! ( truely brutal death metal band ).

Sejauh ini bagaimana respon yang di dapat LUMPUR begitu Ep ini dirilis ?? apakah masih ada beberapa Komentar " Miring " yang kalian Jumpai sejauh ini ??
Alhamdulillah sejauh ini cd EP lumpur sudah habis terjual 700 keping untuk Usa, Eropa dan indonesia sendiri respon yang sangat luar biasa dalam 3 bulan terakhir ( walau kami jarang perform :D) dan sekarang sedang dalam Re-pressing ulang untuk 1000 keping. http://www.nserecords.bigcartel.com/artist/lumpur  tanggapan miring pasti selalu ada.. (setiap ada aksi pasti ada reaksi...) tapi kami tidak pernah memperdulikan hal yang seperti itu bagi kami musik adalah karya, terserah orang mau bilang apa kami akan tetap terus berkarya.. karna musik adalah dedikasi dan karya sekecil dan sesimple apapun hasil karya itu.

lalu makna apa yang ingin LUMPUR sampaikan dan Ingin Gali lebih dalam lagi tentang " Skema Pembalasan Sempurna " itu sendiri? apakah ini terinspirasi dari sebuah Kejadian nyata atau hanya Rekaan Kalimat yang Sarkatis dari kalian saja??
Tema yg terdapat di dalam lyric lumpur semuanya tentang ungkapan kekesalan yang pernah di alami dan ingin keluar dari penderitaan itu untuk bisa lebih arif dalam menyikapi hal2 yang sudah terjadi.

Bagaimana dengan Proses Rekaman Ep ini ?? Apakah banyak Kendala Yang LUMPUR Alami ? dan bagaimana Cara LUMPUR itu mengkomposisi sebuah Lagu sebelum Final-nya Kalian Rekam ? dan Metode yang LUMPUR gunakan Seperti bagaimana ?
Kendalanya pasti selalu ada, baik dari segi mood dll. untuk mengkomposisi sebuah lagu .. yang pertama gitaris membuat sebuah arransement gitar di dalam not balok atau tablatur lalu di berikan kepada sang drummer untuk memberikan ketukan, briefing, latihan di studio, evaluasi materi, klw sudah fix kita membuat lagu baru dan baru kita rekam di studio musik profesional.

Bagaimana juga LUMPUR bisa menampilkan artwork Killer Jonzig di Ep ini ? Sudah menjadi keinginan Band atau Label ?
Itu bukan artwork jonzig, yang membuatnya adalah Riandy Kurniawan ( Wawww .. Gw Salah hahahaha, Abis Karakter'e Mirip Banget .ed ), tema itu sang gitaris yang sangat menginginkannya dengan konsep dewa terbang berdiri tegap datang dengan tujuan ingin balas dendam terhadap apa yang sudah dialami oleh manusia ( kebusukan dan kemunafikan sekumpulan manusia)

Mengapa LUMPUR hanya merilis 4 lagu saja di Ep ini ?? karena Gw yakin Metalhead Scene Kita senang mendengar gaya Brutal Blaster yang seperti ini ?? dan alasan Boss Menggaet Label asal Ventura, California, New Standard Elite Records untuk merilis Ep ini ?? bagaimana Boss Bisa Deal dengan New Standard Elite Records ini ??
Hmmm..alasannya karena lumpur sudah sangat lama vakum dan sekarang kembali dengan genre yang seperti ini. untuk label sudah sangat lama kami berdiskusi untuk hal ini dan mereka sangat tertarik untuk merelease cd lumpur sampai dengan fullength nanti.

Apakah Boss Juga Mengenal Band2 di Roster label New Standard Elite Records ini ? seperti Abhorration, Iniquitous Deeds, serta Secreted Entity ??
Yup saya sangat mengenal baik 1 persatu dari band tersebut. walau hanya di dunia maya (internet) bahkan mereka bukan sembarangan anak muda yang ingin bermusik .. ada cameron almasi muridnya Paul Origin, Shane Wasinton, thorso,dennis dan lain2.. di saat luang kami terkadang menyempatkan diri bertegur sapa di fb, twitter dll..

Bagaimana Boss tentang Perkembangan Death Metal Scene di Bandung Khususnya saat ini ? Apakah Musik Death Metal Bakalan Tergilas oleh " Booming " Genre Deathcore ?
Bandung dan kota2 lain sangat luar biasa berkembangnya bahkan luar biasa... untuk tergila saya rasa tidak... karena kita punya style, selera dan kesukaan masing2 dalam bermusik...deathcore juga bagus bagi yang menyukainya.. musik adalah universal.

Ceritakan pengalaman Seru LUMPUR bisa main di South East Asean Final Grindown Tour di Kuala Lumpur Malasya. Bagaimana Respon yang kalian dapatkan di Scene Metal Negeri Jiran yang Gw rasa Kurang Begitu banyak memiliki Fans Brutal Death Freak Jika dibandingkan dengan Philipina itu?
Wow luar biasa senang bisa berkumpul dalam 1 gigs dengan seluruh perwakilan band2 dari asia tenggara ( indonesia,singapore,malaysia,thailand,philipina,laos dll. respon dari mereka luar biasa, mereka juga banyak brutal deathnya tapi memang kurang terexpose oleh media.

Menurut LUMPUR :

** TO VIOLENTLY VOMIT lebih Pantas " Menggantikan Posisi " DISGORGE line Up terkini ??
** the Best Brutal Death Konsep DISGORGE, " Cognitive Lust of Mutilation " ato " Parallels of Infinite Torture "
** The Best Fuckin DISGORGE Guttural Throat, Matti Ways ato AJ. Magana?

Apapun itu kami masih sangat mengidolakan mereka titik....
the bestnya : CONSUME THE FORSAKEN..
guttural throat : matti ways, aj. magana. levi fuselier... sickkkkkkk


The Next Plan LUMPUR ??
Kami sedang dalam pembuatan materi baru untuk ful length..

Makasih Boss Atas Waktunya Menjawab Pertanyaan2 Konyol ini hehehehe, and Your Last Words??
sama sama ....hell yeahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

http://www.facebook.com/pages/LUMPUR/251780142970
http://www.twitter.com/Lumpur_Official
http://www.nserecords.bigcartel.com
http://www.reverbnation.com/lumpur
http://www.last.fm/music/Lumpur
http://www.youtube.com/lumpurindo 


LOSTINCHAOS INTERVIEW

semua tulisan disini adalah Hak Milik LOSTINCHAOS Mediazine yang Free for Share cukup hanya dengan mencantum-kan Source Interview link-nya. tulisan disini dibuat dengan jujur tanpa tendensi apapun. saran, kritik dan caci maki, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini, Keep Metal Flame till' die !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanxs for read this Interview, Please Leave some Comment for this ... :)