FEAR INSIDE Interview (Indonesia)


Answered By Nendy Rizkyanto ( Vocals ) 
Update 25 April 2012

Pada awalnya Band ini Bernama INDIVIDUAL SCUM ('95) yang Memainkan Old School Death Metal seperti ENTOMBED, DISMEMBER, BENEDICTION, CANCER. Pada 17 Maret 1997 Merilis EP Mindestruction dan Band iniBerganti Nama menjadi FEAR INSIDE yang diambil dari Lyrics Lagu Tormentor milik Slayer.Saat itu diperkuat oleh Nendie (Vocals;Brainstorm & Dying Corpse) , Arief (Gitars;Holy War) , Voer (Drums;BrutalTorture) , Nanang (Bass;ex-Brutal Torture & Cinta Hitam). Pada tahun 1999 Fear Inside kembali dgn album "Human's Disgust" dan diperkuat Oleh Nendie (Vocals), Bonny (Gitars;Ex Crystal), Yamien (Bass;Ex-Demoniac). Pada tahun 2001 Fear Inside mengeluarkan Single "Penetration of Negative Forces" yg kemudian masuk dalam Kompilasi Brutally Sickness "Bloody Sound of Death" (ESP Bandung) dgn Personil Nendie (Vocals),Bonny (Gitars & Bass), Arie (Drums) Pada Tahun 2004 Fear Inside Mengeluarkan Promo Demo "Awakening from the Dead" yg diperkuat oleh Nendie (Vocals), Endrow (Gitars;Jagal), Dedy (Drums;Kendath,Jagal), Roseshit (Bass;Ex-Wafat), Cholis (Gitars;Ex-Wafat). Pada tahun 2006 Fear Inside Melepas Single "Mencengkeram Dendam" yang masuk dalam KompilasiMETALLIK KLINIK 9 Final, diperkuat dgn Personil Nendie (Vocals), Nicken (Gitar;Sadister), Ronny (Drums;Ex-Severe Carnage), Barock (Bass;Hate of Pain) Pada tahun 2007 Fear Inside Mengeluarkan Album "The Victory : 10 years & Stronger" yang berisikan Lagu- lagu DEMO-DEMO selama 10 tahun berkarya. Dirilis Oleh INVIOLABLE MUSIC Cirebon Jawa Barat. Tahun 2008 adalah awal Kebangkitan Fear Inside untuk kembali Menggebrak dengan Diperkuat oleh : Nendie (Vocals), Barock (Bass), Agra (Add. Drums;Titik Koma), Sari Asyera (Female Gitars;Suffering,Deadbitch), Gelar (Add. Gitars;Titik Koma)

Hello Apa Khabarnya FEAR INSIDE ( FI ) Boss !! Btw Lagi Ngapain sekarang Nih? Prepare banget buat 17 Years Anniversary of FEAR INSIDE tanggal 5 Mei Ntar ya Boss??
Nendy : Khabar baik her,....hahahaha, persipan ga ada yang spesial sih her untuk Launching album baru ini....

So Apa yang FI harap banyak dalam usia Band ke 15 Tahun ini Selain Ingin tetep Eksis Bermain Musik?
Nendy : untuk perjalanan yg masih ABG (17 tahun) FI hanya berusaha untuk tetap bisa berkarya, ... karena sebuah band pada dasarnya harus mempunyai album, seperti seniman yang lainnya seperti contoh pelukis harus mempunyai karya berupa lukisan kan .... iya apa ga Herry ? hehehehehehe,.... ( yess Boss :D )

Buat menambah Komplit Informasi tentang FI, ceritakan sedikit tentang Awal terbentuknya band ini, dan sapa aja Line Up terkini FI setelah Kerap banget Bongkar pasang Formasi??
Nendy : Untuk masalah sering gonta Ganti Personil itu sebenarnya tidak perlu aku jawab ya, kamu sebagai Player Band pasti sudah tahu jawaban nya disini FI adalah sebuah band yang mempunyai VISI MISI yang harus sama dalam bermusik, kalo sudah tidak punya VISI MISI yang sama apa akan terus bisa bersama ???? dan yang pasti akan ada Seleksi alam dalam bermusik, karena manusia akan terus berkembang tidak monoton, seperti Tumbuhan yang akan terus tumbuh dan menghasilkan buah sepanjang masa demikian seterusnya.... [;)]

Album Baru FI " The Glorious Of My War " telah dilepas oleh No Label Records, adakah harapan baru dari formasi sekaligus materi terbaru ini di Pesta Launching nanti?
Nendy : Line Up terbaru nanti bisa di Lihat pas launching Album, pengumuman resmi mereka sebagai Personil FI setelah Launching nanti, karena Damarwulan si Gitaris sekaligus Produser di album ini sudah ke Jakarta bekerja, hehehehehe dan yang lain juga sudah pergi dengan urusannya masing2 hahahahaha...... ( wew Bongkar Pasang lagi nihh ?? .ed )

Ceritakan Boss tentang Penggarapan materi " The Glorious Of My War " ini, apakah Gitaris FI, Damarwulan menjadi seorang yang memiliki Andil Tinggi dalam Perjalanan Produksi-nya? lalu Bagaimana Boss Nendy Menanggapi semua Kerja keras Damarwulan ? apakah itu memang menjadi sebagian Obsesi Boss Nendy Sebagai frontman FI sejak Band ini dibentuk??
Nendy : jujur di album baru ini materi konsep penulisan lirik aku buat di studio selama proses rekaman berlangsung, keluar begitu saja dari otak ku ... dan untuk penggarapan Musik digarap Oleh Damarwulan yang menggilai FEAR FACTORY dan NAPALM DEATH. Damarwulan mempunyai andil besar dalam pembuatan album ini, dan materi musik 80% adalah buah tangannya dan gitarnya.

Ada Kendala2 tertentu yang FI hadapi saat Proses Pengerjaan materi ini?? lalu Bagaimana pula FI meng-Komposisi Sebuah Lagu sebelum akhirnya Fix untuk direkam?? Metode yang gimana FI pakai hingga saat ini?
Nendy : Kendala dalam pembuatan album ini hanya masalah waktu yang menyesuaikan jam kerjaku dan damarwulan selama 3 bulan ... cukup memeras tenaga otak pikiran kita dan kadang sedikit berdebat kecil di dalam studio... hahahahaha karena sudah pulang kerja capek masih harus memeras tenaga dan otak untuk garap lagu .... Jujur album ini harus cepat selesai karena Damar harus segera ke jkt untuk Jakarta memenuhi panggilan kerja barunya yang lebih menjanjikan. susah ya jadi musisi yang belum mapan hidupnya ... hahahahaha you know what I mean kan Herry ..... ( I Very Know About That hahahahaha .ed )

Dan Secara Absolut, Sebutkan " 4 KATA " saja untuk Menyebut Konsep Musik yang kalian mainkan ini !
Nendy : 4 kata : 100% MURNI ELEMEN METAL !!!!!!!

Sejauh ini bagaimana Respon yang FI dapat setelah " The Glorious Of My War " dirilis??
Nendy : Soal Respon ada yang bilang kalo FI mau jadi Band Komersil hahahaha, ada yang Bilang Vocal ku jadi lebih Clean hehehehe, ada yang bilang jadi Band HC, ada yang bilang Liriknya jadi Black Metal ... hahahaha,...dan masih banyak lagi Herr, kalo ditulis semua bisa kriting tangan ku nihhhh hahahahaha, tapi itu semua adalah Komentar jujur dari mereka yang bener2 dengerin album baru ini dan aku sangat menghargainya banget.

Lagu " Meraga Sukma & Sirna Raga " Terkesan memiliki Kesan yang Begitu " Kolosal " banget, sebenarnya apa sih yang ingin Boss Ungkapkan melalui lagu tersebut ? dan lagu " Gelap Benci Bencana " itu tentang apa Boss??
Nendy : Wow merasa tersanjung kalau kamu bilang lagu Meraga sukma dan Sirna raga begitu Kolosal, matur nuwun banget kamu bilang begitu. hmmmm kmu perhatikan dengan seksama rupanya hehehehe.. kedua lagu itu mempunyai hubungan keterkaitan herr, hanya sebuah pengalaman Spritual pribadi saja yan tertuang, .... kalau belum pernah mengalami sendiri mungkin tidak bisa menulis lirik tersebut, tapi mohon maaf kalo aku belum bisa menerangkan secara detail mengenai isi kedua lagu tersebut.... hehehehe, Tapi intinya isi ke dua lagu tersebut bercerita tentang sisi hitam gelap manusia bila sudah dalam titik Optimal. Penjabaran secara lengkap bisa menjadi lebih kompleksitas. Lagu " Gelap Benci Bencana " hanya bercerita tentang Gelapnya keBencian yang akan berubah jadi Bencana.

Ceritakan Juga Boss tentang Rilisan lain FI selama ini yang masih belum banyak Reader tahu, Album " The Victory : 10 years & Stronger " yang dirilis oleh Inviolable Music, dan apakah Materi CD " Human's Disgust " adalah Materi Yang sama dengan kaset " Human's Disgust " tahun 1999 ?

Nendy : Album The Victory " Ten years and Stronger " adalah album kumpulan lagu2 terbaik FI selama 10 tahun.Humans Disgust yang Versi CD adalah versi Edisi kolektor, karena di luar negeri sudah tidak ada Tape Player kan ?? hehehehehe.... ( Wes Podo Payu Boss Tape-ne hahahahaha .ed )

The Big Influence Vokill Boss !! apakah nama Mark Barney Greenway ND, Chris Barnes Six Feet Under, Dave Ingram Ex. Benediction ato Jan-Chris de Koeijer Gorefest tetap Bisa Boss Kenali Karakter-nya Hingga kini saat Bernyanyi di FI ?? ataukah ada nama lain yang Lebih Influental dalam Pattern Vokal Boss ??
Nendy : Nama2 Vocalis yang Kamu sebutin itu adalah Vocalis yang bener2 sudah punya Karakter yang kuat dan tidak ada yang Menyamainya, ... kalaupun ada yang menyamai maka hanya akan sebagai imitasi bukan yang asli hahahaha ... termasuk aku hahahahaha,... tapi dalam hal ini aku pribadi harus berusaha terus untuk bisa mempunyai karakter sendiri yang menjadi ciri khas di FI. Nama lain, Frank Mullen tetep menjadi karakter kuat di Suffocation, Tom Araya-nya Slayer tak ada yang menyamai lengkingan indian nya .... hehehehe

Death Metal Still Alive itu yang Bisa Gw jelaskan terhadap Imej FI dari dulu hingga sekarang ? apakah hal ini tetep akan FI pertahankan untuk tidak merubah Konsep Musik, Menjadi Brutal Death Metal ato Thrash Metal sekalipun? adakah " Sesuatu " yang Bisa Boss Nendy Ungkapkan untuk menggambarkan semua ini ??
Nendy : Amin ! .. kalo herry bilang masih ada Death metal still alive dalam FI, album baru ini adalah pembuktian eksisitensi FI yang lama ga mengeluarkan album, untuk ke depan pasti akan ada terus Inovasi Perubahan, .. tapi belum aku bisa sebutin sekarang akan menjadi apa metal nya FI nanti,... hehehehe waktu yang akan Menjawabnya... ( Cieeeee hahahahaha .ed )

Mencoba melakukan sesuatu yang baru memang Wajib dalam berkarya sehingga Kita tidak akan kembali mengulang sesuatu yang sudah sudah, yah maksimal aja kalau kita coba Melakukan Sebuah Modifikasi saja hehehhe, Lalu bagaimana pendapat Kalian tentang Hal seperti ini? Karena Gw dan ( Mungkin ) Boss sudah mulai jenuh dengan Sesuatu yang " Sama Saja " dengan Ini dan Itu, dan teramat sayang kalau Kita tidak bisa melakukan sesuatu yang Beda atau Baru dalam Bermusik. kasih sedikit Opini boss hehehehehe ....
Nendy : Yang pasti FI akan tetap berusaha untuk melakukan sesuatu yang baru walau mungkin tidak langsung sekaligus, akan tetep ada Benang Merah True Metal dalam Musik FI, itu Opini ku .... dan dalam Metal sendiri pasti akan ada Evolusi ... entah 10 tahun lagi dalam death metal itu sendiri akan menjadi monster apalagi kita belum tahu,...dan menjadi beda adalah suatu ke harusan dalam sebuah Band, ... kita tidak mungkin menjadi plagiat sejati kan, harus menjadi diri kita sendiri sampai kapanpun. ( yeaaahh Alright Boss !!!, Kapan lagi Kita Bisa Tunjukin " Diri " Kita yang Sebenar-nya ? Ketimbang Bangga dengan Nama2 lain yang " Notabene " juga Menjadi Bagian Plagiat Dari yang Sudah ada ?? .ed )

Bisa ceritakan bagaimana Perkembangan Death Metal di Surabaya Khusus-nya ? Apakah nama2 Besar Lama seperti Slow Death, Brain Damage, Venduzor, Brutal Torture siap kembali Meramaikan Kembali eksisnya Beberapa Band lawas untuk saat ini ?? dan untuk Rekomendasi band2 Death Metal baru yang siap menjadi " Ancaman " serius di scene tanah Air??
Nendy : Perkembangan di Surabaya sendiri aku kurang begitu memperhatikan sihh, tapi yang pasti penikmat musik death metal di Surabaya sudah mulai banyak dari kalangan anak2 SMP aja sudah tahu apa itu death metal walau mungkin tidak Se-detail sampai ke akarnya....hehehehehe,... kayak aku paling tahu aja ya herr hahahahaha... sorry intermesso ya herrr hahahahahaYang aku tahu Slow Death sudah membubarkan diri sejak tahun 2004 dan sekarang Samier sudah buat GAS, .. bisa kamu lihat di Dinding Samier Akan kamu temui catatan tentang riwayat Slow death, ... untuk Band2 yang lain aku kurang tahu perkembangan nya ...... I'm so sorry... [;)], Untuk band2 Baru yang Berbahaya di Surabaya aku kurang begitu tahu kalaupun ada kita baru bisa menilai nya setelah 5 tahun kedepan, paling tidak sudah punya 2 - 3 album baru Kita bisa menilai nya....

Kegiatan Member FI selain Bermain Musik ??
Nendy : Kegiatan personil FI : aku, gitarisnya, basisnya Pegawai biasa aja dan drummernya yang paling muda masih kelas 2 SMK.

TOP 10 ALBUM DEATH METAL FOREVER bagi FI !!

01 Gorefest - False
02 Suffocation - Effigy of The Forgotten
03 Suffocation - Pierced from Within
04 Monstrosity - Millenium
05 Cancer - Dead shall rise
06 Cannibal Corpse - The bleeding
07 Demolition Hammer - Epidemic of Violence
08 Fear Factory - New Soul Of Machine
09 Cannibal Corpse - Evisceration Plaque
10 Malevolent Creation - Retribution


Thanxs Boss Atas Waktunya untuk Menjawab pertanyaan2 Konyol ini hehehehe, So akhir Interview ada ga yang pengen Disampaikan ?? Sumpah Serapah Mungkin hehehehe ......
Nendy : Pertanyaan mu bukan Konyol Herr tapi hebat karena bisa memancing emosi massa hahahahaha dan Sumpah serapahku adalah buat kamu kalo tidak undang FI ke blitar,...FI tidak pernah main di blitar herryyyyyyyyyy hahahahahaha,... tak sumpahin kamu masuk surga dunia aja dehhhhh hahahahaha stay metal dan tetaplah rasakan kenikmatan siksaan,... karena itulah hidup yang sejati, ...... ( Hahahaha Aku Sudah Pensiun Bikin Event Boss .ed )

http://www.myspace.com/fearinside
http://www.facebook.com/pages/Fear-inside-surabaya-death-metal/155477644467410
http://www.reverbnation.com/fearinside
http://fear-inside.blogspot.com 


LOSTINCHAOS INTERVIEW

semua tulisan disini adalah Hak Milik LOSTINCHAOS Mediazine yang Free for Share cukup hanya dengan mencantum-kan Source Interview link-nya. tulisan disini dibuat dengan jujur tanpa tendensi apapun. saran, kritik dan caci maki, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini, Keep Metal Flame till' die !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanxs for read this Interview, Please Leave some Comment for this ... :)